Melanggar Dikategori Pidana.

MALUT POST-JAILOLO. Bakal Pasangan Calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Halmahera Barat diminta mengedepankan protokol kesehatan saat kampanye. Ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-19).”Kalau ada yang melanggar maka dikategorikan perbuatan pidana,”kata komisioner KPU Yanto Hasan dalam sosialisasi kampanye dan penerapan protokol kesehatan di aula kantor KPU, Sabtu (19/9).

Yanto mengatakan sesusi PKPU Nomor : 6 tahun 2020, pasal 11 ayat 2 dan ayat 3, penyelenggara berhak memberikan sanksi teguran dan sanksi sesuai ketentuan perundang- undangan bagi yang melanggar protokol kesehatan.”Jika ada pihak yang melanggar kewajiban sebagaimana dimaksud pada ayat 1, maka KPU provinsi, KPU kabupaten/kota, PPK, atau PPS bisa memberikan teguran,” tandasnya.

Jika tegurannya tidak diindahkan maka KPU dan penyelenggara di bawahnya berkoordinasi dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan jajarannya untuk mengenakan sanksi sesuai ketentuan peraturan perundang- undangan.”PKPU Nomor 4 tahun 2017 pasal 74 menyatakan pelenggaran dalam kampanye atas larangan di pasal 68 memiliki 3 kategori sanksi. Yakni tindak pidana, peringatan tertulis, bahkan penghentian kegiatan kampanye di tempat terjadinya pelanggaran,” jelasnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Rosfince Kalengit mengatakan untuk Halmahera Barat hampir semua kecamatan suda terkonfirmasi positif Covid-19, hingga dimintakan kepada semua pihak bekerja sama memerangi Covid 19 dalam bentuk apapun. Baik pelaksanaan kampanye ataupun sosialisasi.” Di kecamatan Jailolo yang paling banyak terkonfirmasi Covid-19 Yakni 30 kasus, sehingga pada tahapan kampanye nanti hindari pergerakan massa yang lebi besar guna menghindari terjadinya cluster baru,”katanya.

Rosfince mengaku, pihaknya telah memberikan data kepada KPU sebagai acuan dan antisipasi atas penyebaran Covid-19.”Virus ini tidak ada yang kabal. karena itu, penerapan protokol kesehatan harus benar dilakukan,”tegasnya.(din/met)

TT Ads

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *