Profesional Istana pasti pernah mendengarkan kata “Toxic Friendship”, atau jangan-jangan profis sendiri punya teman kayak begini? Hmm, kalo iya, harus dihindari, sih. Karena teman kayak begini tidak baik untuk dipertahankan. Seperti dilansir dari laman kompas.com. Toxic Friendship adalah istilah yang mengacu pada teman yang tidak mendukung dan memberikan kontribusi positif untuk hidup kita, profis. Mereka selalu membawa dampak atau pengaruh buruk dalam kehidupan kita, profis. Mereka sering membuat kita overthinking, stres, down, bahkan makan hati, seolah menjadi racun yang merusak kebahagiaan kita dan kesehatan mental kita.

Namun, sebelum profis menjauhkan diri dari mereka, profis harus tahu dulu ciri-ciri dari toxic friend yang dikutip dari salopos.com berikut ini:

The Moocher

The Moocher atau orang yang menyukai gratisan biasanya akan berasalan tidak membawa uang tunai atau dompetnya ketinggalan. Saat kamu pergi bersama mereka atau makan berdua, orang dengan tipe itu biasanya suka menodong minta dibayari.

Bayarin dulu, ya..

Inilah kata-kata mutiara andalan yang sering mereka ucapkan.

The Flaker

Apakah profis pernah merencanakan pergi ke suatu tempat bersama teman, tetapi tiba-tiba mereka membatalkan rencana tersebut secara sepihak? Nah, teman seperti ini termasuk kedalam jenis flaker alias si pembatal janji. Mereka akan setuju dengan rencana yang sudah dirancang sebelumnya, tapi ketika di hari-H, mereka selalu memiliki berjuta alasan yang kadang tidak masuk akal. Percayalah, orang sejenis flaker hanya akan membuang-buang waktu berharga kamu. Kalau memang di awal sudah setuju, kenapa membatalkan rencana dimenit-menit terakhir? Segera hindari teman kayak gini, profis.

The Competitor

Tipe pesaing dalam pertemanan sebenarnya baik, karena mereka akan memacu semangat kamu dalam memperoleh sesuatu. Tetapi jika kamu memiliki tipe teman seperti ini, lebih baik menjauhinya karena mereka cenderung mengajak selalu bersaing dalam memperoleh apapun.

The Cry Baby

Merasa sedih dan kecewa dalam beberapa hal boleh saja. Tapi apakah kamu ingin bersama seseorang yang terus-menerus menyalahkan nasibnya dan tidak melakukan apa pun untuk mengubah sesuatu? Bersama dengan teman yang selalu pesimis seperti ini akan membuat kamu kehilangan semangat dan malah ikutan sedih berlarut-larut.

The Vampire

Vampir sungguhan biasanya akan menghisap darah manusia. Tapi ,bagaimana dengan teman yang memilik sifat seperti vampir? Mereka akan menghisap aura positif yang kamu punya dan menggantinya dengan penderitaan, rasa sakit, serta hal negatif lainnya.

Mereka tidak merasa sungkan meminta bertemu, bahkan ketika kamu sedang sibuk. Mereka juga kerap mengganggu kamu, walaupun hanya untuk berbicara tentang kesulitan yang sedang dihadapi. Tetapi mereka jarang mendengarkan kesulitan kamu. Sungguh menyebalkan, bukan?

The Manipulative Friend

Orang-orang ini sama sekali bukan teman kamu. Mereka hanya berpura-pura menjadi teman. Dalam kamus hidup mereka, berteman hanya untuk memanipulasi dan mendapatkan apa pun yang mereka inginkan. Entah itu pakaian, uang, kendaraan, bahkan makanan pun akan dimanfaatkan oleh orang tipe manipulative ini.

The Cling Friend

Tipe teman seperti ini secara emosional akan bergantung pada kamu sepanjang waktu. Mereka menjadi sangat tidak nyaman ketika kamu bersama dengan orang lain, atau bahkan pasangan. Mereka menginginkan perhatian penuh dari kamu. Lebih baik kamu menjaga jarak dengan orang-orang seperti itu.

The Drama Queen

Teman-teman sejenis ini akan membuat drama yang tidak perlu dengan memberi reaksi berlebihan pada beberapa kesempatan. Mereka akan dengan sengaja memunculkan beberapa konflik dan masalah hanya untuk mencari perhatian. Mereka juga kadang bersikap egois ketika kamu membutuhkan pertolongan.

The Critic

Menghakimi orang lain adalah ciri khas utama dari jenis ini. Orang-orang dengan tipe seperti ini biasanya memilii tingkat ambisius yang tinggi dalam mencapai suatu hal. Mengkritik orang lain sebenarnya baik. Tapi jika kamu dikritik oleh orang-orang ini setiap saat, maka tidak perlu berteman dengan mereka. Alih-alih membantu, justru teman-teman seperti ini akan selalu membuat kamu down dan kehilangan rasa percaya diri.

The Stagnant

Orang-orang seperti ini tidak pernah ingin membawa perubahan positif dalam diri mereka sendiri karena sangat nyaman dengan kehidupan. Mereka tidak suka menerima tantangan atau melakukan hal-hal yang berisiko. Mereka suka tinggal di zona nyaman dan tidak akan mencoba sesuatu yang baru dalam hidup. Jika memilih berteman dengan orang-orang seperti ini, percayalah kamu juga tidak akan berkembang.

TT Ads

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *