Warga Diminta Patuhi Protokol Kesehatan

MALUT POST-JAILOLO. Upaya pencegahan penyebaran virus corona (covid-19) di Halmahera Barat kembali diperketat. Salah satunya, warga diminta mematuhi protokol kesehatan ketika melaksanakan aktivitas di luar ruma. Senin (21/9) kemarin pemkab Halmahera Barat bersama TNI/Polri mulai melaksanakan operasi yustisi untuk menegakkan insruksi presiden (Inpres) Nomor 6 dan peraturan bupati (perbup) Nomor 23 tahun 2020 tentang protokol kesehatan.”Operasi yustisi yang kita lakukan hari ini dan seterusnya itu untuk menekan atau memperkecil penyebaran Covid-19 di Halbar,”Kata Bupati Danny Missy dalam sambutannya saat apel gabungan operasi yustisi di lobiy lantai 1 kantor bupati, kemarin.

Orang nomor satudi pemkab Halbar ini mengatakan operasi ini sifatnya pembinaan kepada masyarakat agar ketika beraktivitas di luar ruma tetap menerapkan protokol kesehatan. Operasi ini di daerah lain mungkin suda pada tindakan denda atau yang lainnya.Tetapi di Halmahera Barat belum bisa menerapkan denda, tapi masih lebih pada tindakan pembinaan agar masyarakat sadar dan mematuhi protokol kesehatan.”Sosialisasi dilakukan harus sampai ke tingkat desa, karena di desa penerapan protokol kesehatan dengan cara menggunakan masker saja masih sangat longgar,” ujurnya.

Sementara Wakapolres Kompol Moch Arinta Fauzi, SIK dalam arahannya mengatakan operasi yustisi yang di lakukan ini labih pada tindakan pembinaan, sehingga sanksi sosial bisa di terapkan.” Misalnya warga yang melanggar protokol kesehatan bisa dikenakan sanksi sosial seperti menghafal pancasila dan hukuman sosial lainnya,” ucapnya.

Karena itu, personal yang melakukan operasi diharapkan lebi mengedepankan sistem persuasif dalam bertindak sehingga masyarakat juga paham,”Mari kita sama-sama melaksanakan tugas sebaik mungkin dan memberikan arahan kepada masyarakat betapa pentingnya menerapkan protokol kesehatan, terutama mengenakan masker saat beraktivitas,” harapnya. (din/met)

TT Ads

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *