Terkait Bantuan Anggaran Pemulihan Ekonomi Akibat Covid-19

MALUT POST – SOFIFI. Upaya Pemerintah Provinsi Maluku Utara meminta bantuan perusahaan pertambangan untuk menangani pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19 terus digencar. Ini ditandai dengan realisasi penandatanganan Nota Perjanjian Hibah Dearah (NPHD) antara Pemrov Malut dan sejumlah perusahaan di Malut.

Penandatanganan NPHD oleh Gubernur Malut Abdul Ghani Kasuba yang berlangsung di Kantor Gubernur di Sofifi kemarin (23/9) akan diberikan sesuai jumlah IUP, yakni 105. Pemrov juga akan mengumumkan perusahaan yang telah memberikan bantuan dan yang tidak memberikan bantuan.

Gubernur Abdul Gani Kasuba pada kesempatan itu sangat berterima kasih atas bantuan hibah dari perusahaan. Darinya lantas meminta Kepala Dinas ESDM Malut Hasyim Daeng Barang maupun Kabag Keuangan agar mengumumkan kepada publik terkait nilai bantuan yang diberikan oleh perusahaan. “Berapa pun itu harus diumumkan, sekalipun itu 500 ribu,” pintanya.

Terpisah Kepala Dinas ESDM Malut, Hasyim Deang Barang menyebutkan, perusahaan dipastikan memberikan hibah itu. Baru PT. NHM yakni Rp 4 miliar, PT. ARA 100 juta. Sehingga totalnya 6,1 miliar. “Sementara untuk yang lainnya masih menunggu kesempatan dari direksi dan pimpinan,” katanya.

Bantuan yang diberikan perusahaan, akan digunakan untuk tracking yang lebih luas ke kabupaten/ kota. Sesuai dengan standar WHO, anggaran yang dibutuhkan untuk tracking standarnya 20 miliar. Untuk penanganan ekonomi, sedikitnya 10 miliar anggaran yang dibutuhkan. Sedangkan jaring pengaman, anggaran yang dibutukan sekitar 15 miliar. Sehingga total anggaran yang dibutuhkan Pemprov untuk menangani hal itu, paling tidak 45 sampai 60 miliar.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Pendapatan Aset Daerah (BPKPAD), Bambang Hermawan bilang, penggunaan dana hibah bantuan ini akan dipantau langsung KPK. “Dana ini tidak akan di gunakan diluar dari penanganan. Estimasi yang kita sudah hitung untuk penangananya membutuhkan dana ratusan milar lagi. Karena kita merasa berat, makanya kita ajak perusahaan sebagai komponen di Malut untuk bersama-sama membantu,” jelasnya. (cr-03/jfr)

TT Ads

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *