Sudahkah Alfamidi dan Indomaret Penuhi Kewajiban Mereka?

MALUT POST – TERNATE. Keberadaan Alfamidi dan Indomaret di Kota Ternate dapat mengancam pelaku UMKM. Apalagi di tengahpandemi covid-19 ini, pergerakan ekonomi menjadi lesu, akibat dari berkurangnya daya beli masyarakat.

Frkasi Nasdem melalui sekretaris Rusdi A, Im mengatakan, pihaknya mempertanyakan kepada pemerinta Kota terkait dengan 20 gray Alfamidi yang tersebar di beberapa titik Kota Ternate. Keberadaan swalayan tersebut sejak akhir tahun 2019 hingga awal tahun 2020 ini. Karena itu, Fraksi NasDem mempertanyakan, apakah pihak Alfamidi sudah memenuhi kewajibannya. Selain itu, bagaimana dengan sistem rekrutmen tenaga kerja.

Menurutnya, persoalan tersebut diperparah dengan ditambah lagi dengan masuknya Indomaret. Menurutnya, di tengah pandemi covit-19 ini harusnya para pelaku UMKM diperhatikan, sebab mereka merasakan dampak secara langsung, mulai dari penurunan produksi hingga berkurangnya penghasilan.

” Bahkan ada sebagian pelaku UMKM yang terpaksa merumahkan para karyawannya, sebab terkenah dampak dari pendemi covid-19,” ujurnya.

Menanggapi hal tesebut, wali Kota Ternate Burhan Abdurrahman mengatakan, pihak Alfamidi dan Indomaret telah memenuhi kewajibannya, yakni sistem rekrutmen tenaga kerja lokal. menurutnya, perlu dipadang realistis, bahwa masuknya Alfamid dan Indomaret merupakan upaya perkembangan dinamikan dan kemajuan Kota Ternate, sebagai Kota jasa dan perdagangan. “Hal ini untuk menciptakan dunia usaha yang kondusif,” ujurnya.

Burhan menambahkan, pemerinta tentunya akan memproteksi dengan berbagai persyaratan, antara lain mengakomodir tenaga kerjalokal, mamasarkan produkkomoditas lokal, melakukan kerja sama dengan UMKM dan IKM setempat, termasuk pendidikan dan pelatihan wirausaha bersama. Menurutnya, pemerinta telah mengatur titik yang tidak terfokus pada pusat Kota, tetapi berada juga di pinggiran Kota Ternate.

“Sehingga menjadi sentral ekonomi baru dan menopang ekonomi antara kawasan tutupnya. (mg-03/yun)

TT Ads

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *