Tahukah profis, negara apa yang memiliki paspor paling “kebal” di dunia? Jawabannya adalah; Jepang! Kebal di sini tentunya bukan berarti bisa ke semua negara, ya! Paspor Jepang dinilai sebagai yang paling kuat karena memiliki akses terbanyak untuk ke melancong ke berbagai negara di dunia.

Sebelumnya, apa sih yang dimaksud paspor? Sederhananya, paspor adalah sebuah identitas diri bagi sebuah warga negara, yang sedang mengunjungi negara asing. Namun, paspor ini bukan satu-satunya izin, profis. Adapula yang disebut VISA.

VISA adalah sebuah izin masuk ke sebuah negara. Biasanya, VISA perlu diajukan bilamana profis membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menetap di negeri orang. VISA pun banyak jenisnya, ada VISA bisnis, pendidikan, hingga pensiun.

Nah, berhubung pengurusan VISA ini cukup rumit dan tentunya perlu mengeluarkan daya yang lumayan, maka di sinilah konotasi “kuat”-nya paspor Jepang berfungsi, profis. Karena Jepang merupakan negara yang memfasilitasi warga negaranya untuk melancong ke 191 negara tanpa perlu repot-repot mengurus VISA

Sekarang yang menjadi pertanyaan, mengapa negara Jepang bisa memiliki VISA sekuat ini? Jawaban singkatnya, karena negara Jepang memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi dari berbagai negara di dunia, bahwa penduduknya tidak akan menyeleweng di negara mereka. Menyeleweng yang dimaksud di sini tentunya adalah potensi masuknya imigran gelap, hingga potensi terjadinya tindak kriminal oleh warga negara Jepang.

Kemungkinan Warga Negara Jepang Pindah Ke Luar Negeri Sangatlah Kecil

Poin ini tentunya menyangkut dengan potensi adanya imigran gelap, atau pun pembludakan penduduk Jepang ke negara tujuannya. Mengapa? Karena Jepang adalah negara yang sangat aman dari banyak aspek. Politik di sana bisa dibilang sangat stabil, sehingga peluang dimana warga negara Jepang berpindah kependudukan sangatlah kecil. Satu-satunya alasan dimana orang Jepang ingin pindah ke luar negeri tak lain hanyalah karena orang itu ingin merasakan suasana baru.

Perekonomian yang Sangat Stabil

Menurut GDP ranking tahun 2020, Jepang merupakan negara terkuat berdasarkan kekuatan politik, ekonomi, militer dan juga pengaruh global secara komprehensif ke-tujuh di dunia. GDP yang tinggi ini artinya meski penduduk Jepang banyak, namun permintaan domestik dalam negeri tetap dapat dipenuhi tanpa mengandalkan negara lain.

Budaya Ekonomi Orang Jepang; Wirausaha dan Investasi

Masuknya orang-orang Jepang ke sebuah negara tentunya membawa keuntungan yang signifikan bagi negara tersebut. Orang Jepang terkenal sebagai orang-orang yang kaya karena kebiasaan investasi. Tak hanya mampu mendongkrak perekonomian melalui pajak, orang Jepang juga berkontribusi kuat dalam menciptakan lapangan pekerjaan di negara lain.

Selain alasan-alasan di atas, tentunya ada lagi faktor pendukung lain yang mendongkrak kekuatan paspor negara ini, yaitu karena kepiawaian mereka dalam menjaga hubungan diplomatik dengan negara-negara di dunia, serta pengaruh industri hiburan anime dan otomotif yang telah mendapat stereotip positif dari kacamata global.

Dapat disimpulkan, alasan utama negara Jepang memiliki paspor yang kuat yaitu karena makmurnya perekonomian dan politik di negara mereka, serta baiknya citra yang Jepang lukiskan pada perspektif negara-negara di dunia. Pemeringkatan paspor Jepang juga menunjukkan bahwa negara di Asia Timur ini merupakan negara dengan lingkungan yang sangat disukai dibandingkan dengan negara lain di seluruh dunia.

TT Ads

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *