Hai, Profesional Istana! Apa sih yang terbesit di telinga kamu ketika mendengar kata open minded, yang kalo diartikan ke dalam bahasa Indonesia adalah “berpikir terbuka”. Apakah orang-orang yang genius? kritis? ataukah smart?

Nah, Open Minded (pikiran terbuka) adalah ketika kamu tahu bahwa kamu benar, tetapi kamu juga tahu kamu bisa saja salah dan mau untuk mendengar opini atau sudut pandang orang lain yang berbeda maupun yang tidak sesuai dengan pemikiran kamu, profis.

Setiap orang pasti berbeda cara berpikirnya. Namun, ada baiknya jika kita dapat memahami cara berpikir orang lain. Berfikir Open Minded adalah berpikir dengan pandangan terbuka. Pikiran yang luas dan tidak terpaku pada apa yang dilihat. Karena terkadang, apa yang dilihat belum tentu sebenarnya, profis.

Punya pemikiran terbuka itu bukan berarti harus menelan mentah-mentah semua informasi yang masuk. Jangan sampai kamu malah tenggelam di dalam informasi yang sudah jelas bohong dan salah.

Menjadi orang yang Open Minded akan lebih baik kalau dibarengi dengan berpikir kritis. Begitu pula sebaliknya. Keduanya harus seimbang.

Ciri-Ciri Orang yang Open Minded

Apakah kamu sudah merasa menjadi orang yang berpikiran terbuka? Atau kamu malah masih ragu dengan dirimu sendiri? Tenang saja, karena kami akan membagikan ciri-cirinya khusus buat kamu, nih. Coba kenali ciri-cirinya dan aplikasikan untuk menilai dirimu sendiri, yuk!    

Tidak Mudah Emosi saat Terjadi Perbedaan Pendapat

Saat sedang mengemukakan pendapat, orang yang Open Minded akan cenderung lebih fokus pada argumen yang sifatnya membangun. Selain itu, meskipun terjadi perbedaan pendapat bahkan prinsip, bukan berarti akan menjadi sebuah permusuhan. Orang yang Open Minded menganggap sebuah perbedaan adalah hal yang wajar di kehidupan sehari-hari. Dengan adanya perbedaan pendapat itu, mereka dapat melihat sesuatu dari perspektif yang berbeda.

Pelajari dan Observasi Terlebih Dahulu Sebelum Berkomentar

Orang-orang yang mempunyai sifat Open Minded akan selalu memilih untuk mempelajari situasi terlebih dahulu tentang segala sesuatu yang akan mereka tanggapi dari berbagai sudut pandang, baru kemudian memberikan komentar yang menurutnya paling tepat.

Tidak Takut untuk Menantang Diri Sendiri

Tidak suka dengan segala sesuatu yang monoton alias itu-itu saja. Harus selalu mencari hal-hal yang baru dan menantang, terutama hal-hal yang mampu meningkatkan kemampuan dan kapasitas diri sehingga menjadi pribadi yang lebih baik dari yang sudah dikuasainya.

Tidak Memilih-milih Teman

Mempunyai lingkup pertemanan yang luas tanpa memandang dari mana orang itu berasal. Tidak heran jika orang yang Open Minded selalu mempunyai banyak teman dan terlihat mudah membaur dibanyak lingkungan.

Tidak Mudah Menghakimi Orang Berdasarkan Apa yang Dilihat Pertama Kali

Orang yang Open Minded tidak akan dengan mudah menjudge orang berdasarkan hal yang baru ia lihat. Ia juga tidak akan dengan mudahnya menilai seseorang berdasarkan dari cara orang tersebut berpakaian atau berkata-kata. Bagaimanapun juga, seseorang layak untuk dihormati dan dihargai meskipun sejelek apapun orang lain mengatakannya.

Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *