MALUT POST – JAILOLO. Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Halmahera Barat Danny Palar-Iksan Husain (DeSain) tampil memukau saat debat publik yang dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Gamalama Ballroom Hotel Sahid Kota Ternate, Rabu (28/10)

Denny yang didampingi Iksan menyampaikan, pesta demokrasi 9 Desember mendatang merupakan sebuah kebahagiaan masyarakat Halbar. Karena melalui demokrasi ini masyarakat menitipkan sejumlah harapan dalam menentukan pimpinan yang baru, “Saya mau menyampaikan di zaman ini jangan kita berharap adanya kejujuran dan kedamaian, kalau semuanya tidak diatur atau tidak didesain dengan baik dan benar. Untuk itu bersama masyarakat kita mendesain Halbar ke depan dengan lebih baik,” tandas Danny saat menyampaikan closing statement di acara debat publik.

Sementara kedua tim pemenang DeSain, H. Aldan Badi mengatakan paslon DeSain dengan nomor urut 04 ini tampil dengan gaya kaum muda dan sikapnya tenang, fokus dan serius. Sikap yang ditunjukan dua lelaki mudah di panggung debat ini tak lepas dari keseharian mereka saat menjalani tugas sebagai anggota DPRD, sehingga mampu mengelola emosi dengan baik dan begitu mengusai panggung debat. “Selain refleksi gaya keduanya yang tenang, fokus dan serius dalam debat, Denny dan Iksan juga mengerti dan memahami persoalan daerah yang berbasis pada konsep dan data. Hal tersebut yang kemudian membuat keduanya sangat membumi ketika menjawab semua pertanyaan yang diberikan moderator maupun ketiga pasangan calon,” ungkapnya.

Mantan Wakil Ketua DPRD Halbar ini menambahkan, jawaban yang solutif dan kongkrit disertai turunan kebijakan, action policy yang aplikatif di ranah kebijakan, semua terlihat dari pemilihan kata atau diksi yang terstruktur dan berkesesuaian dengan paparan narasi yang substantif saat berbicara.

“Pak Denny dan Iksan tampil begitu memukau dengan gaya orasi, retorika yang kuat dan diksi yang bagus. Makanya tak berlebihan, jika banyak pendapat yang menyebutkan pasangan DeSain lebih baik, dibanding pasangan calon lainnya dalam debat publik,” pungkasnya. (din/met/pn)

Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *