MALUT POST – TERNATE. PT Taspen (Persero) salurkan uang pensiun kepada peserta Pensiun Aparatur Sipil Negara (ASN) melalui Taspen Otentikasi.

Branch Manager Ternate Achmad Bangkito mengatakan Covid-19 menjadi salah satu kendala dalam penyelusuran dana pensiun ASN. Maka, Negara yang sudah di percaya lebih dari 57 tahun dalam mengelola pensiun Pegawai Negara Sipil, memberikan alternatif dalam pelaksanaan penyaluran uang pensiun kepada peserta pensiun ASN yakni melalui Taspen Otentikasi. “Otentifikasi merupakan mekanisme yang diamanatkan berdasarkan peraturan pemerintah untuk membuktikan bahwa penyalurakan dana pensiun ASN Tepat Orang, Tepat Jumlah, Tepat Waktu, Tepat Administrasi, dan Tepat Tempat,” ujarnya.

Pensiunan wajib melakukan Otentikasi terlebih dahulu sebelum menerima uang pensiun. Dulu ke Kantor Taspen atau Mitra Bayar (Bank dan POS) sebagai pelaksanaan Otentikasi, namun sekarang peserta Pensiunan ASN dapat melakukan Otentikasi di Rumah Melalui Aplikasi “Taspen Otentikasi” yang dapat diunduh melalui Playstore (Android) atau Appstore (Apple).

Langkah Taspen Otentikasi yang perlu dilakukan peserta yaitu, peserta pensiun harus men-download aplikasi, buka aplikasi, lalu memasukan NOTAS (Nomor Taspen) yang terdapat pada KARIP dan klik tombol Otentikasi, ikut langkah-langkah Otentikasi sesuai aplikasi tersebut. Setelah melakukan otentikasi, ada pemberitahuan apakah Taspen Otentikasi berhasil atau gagal. Jika sudah berhasil, maka dana pensiun otomatis masuk kedalam rekening. “Pelaksanaan Otentikasi melalui handphone wajib di lakukan secara berkala, agar dana pensiun yang merupakan hak peserta pensiun tetap diterima tepat waktu dan tepat orang,” ucapnya. Apabila terdapat kendala dalam pelaksanaan Taspen Otentikasi tersebut, peserta dapat menghubungi Call Center Taspen 1500-919 atau melalui media sosial Instagram dan Twitter, @taspen- kita. peserta juga bisa mengakses TaspenCare.

Achmad Bangkito juga menegaskan bahwa segala proses yang dilakukan dalam hal pembayaran gaji pensiunan atau klaim program Taspen tanpa biaya atau gratis. Maka, apabila ada yang mengatasnamakan Taspen dan meminta biaya atau lainnya, dia minta pensiunan mengkonfirmasikan ke kantor cabang Taspen terdekat. (tr-02/onk/pn/*)

Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *