Pemuda Muhammadiyah dan Ombudsman Bersinergi Kawal Pelayanan Publik

MALUT POST – TERNATE. Ketua Ombudsman Maluku Utara, Sofyan Ali, meminta para Aparatur Sipil Negara (ASN), yang merasa diancam atau ditekan untuk diarahkan pilihan politik di Pilkada 2020 ini dapat menyampaikan langsung ke Ombudsman. Hal ini disampaikan Sofyan, saat melakukan audiens dengan pemuda Muhammadiyah Maluku Utara, di kantor Ombudsman, Jumat (6/11).

Sofyan mengatakan, Ombudsman juga punya kewenangan mengawasi, jika sampai perilaku ancaman itu dapat mengganggu pelayanan publik.

Selai itu, bagi ASN yang melanggar netralitas juga dapat dilaporkan masyarakat untuk diproses. Dalam proses itu, akan dilihat mana pelanggaran itu menjadi porsi Bawaslu dan mana porsi Ombudsman, utamanya jika netralitas yang dilanggar itu bisa mengganggu pelayanan publik.

“Pilkada tahun 2014 lalu, banyak yang menyampaikan aduan, terutama dari Halut. ASN banyak korban setelah kepala daerah terpilih menganggap yang bersangkutan tidak mendukung atau melawan. Bahkan ada kejadian, guru Agama Kristen dimutasi ke sekolah yang siswanya semua beragama Islam,” aku Sofyan.

Karena itu, jika ada ASN yang ditekan atau masyarakat melihat ASN tidak netral, segera sampaikan laporan. Begitu juga ketika setelah pilkada, ada ASN yang dimutasi tanpa alasan, terutama tenaga Guru, dapat menyampaikan laporan.

Dalam kesempatan audiens ini juga, Pemuda Muhammadiyah menyampaikan berbagai problem pelayanan publik yang terjadi, namun luput dari perhatian lembaga pengawasan. Ketua Pemuda Muhammadiyah Malut Fauzan A. Pinang, meminta pemuda Muhammadiyah dam Ombudsman, membangun sinergi dalam melakukan pengawasan publik. Terutama pelayanan publik. Terutama pelayanan publik selama momentum Pilkada ini. Mengingat pemuda Muhammadiyah memiliki perangkat lengkap di Kabupaten/ Kota.

Selain itu, Fauzan juga menyinggung masalah netralitas ASN dan tekanan yang dialami ASN. Di akhir pertemuan kedua lembaga ini bersepakat untuk membangun sinergitas pengawasan publik. Dimana Pemuda Muhammadiyah berperan sebagai lembaga mitra. Turut hadir dalam pertemuan ini, Sekretaris Pemuda Muhammadiyah dan juga para Wakil Ketua Bidang dan Sekretaris Bidang. (udy/yun)

Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *