Pencarian Sekitar 3 Jam

MALUT POST – TERNATE. Puluhan Penumpang KM. Sumber Raya 04 sempat dibuat panik. Bagaimana tidak, kapal penumpang transportasi laut yang menghubungkan Pulau Obi dan Bacan Kabupaten Hamahera Selatan (Halsel) sempat mati mesin.

Peristiwa ini terjadi pada Jumat, akhir pekan kemarin sekitar pukul 23.30 WIT. Beruntung, 78 penumpang yang tercatat ada diatas KM. Sumber Raya 04, mendapat pertolongan KRI Albakora-867 milik TNI AL. Dari data yang di terima menyebutkan, kejadian bermula sekitar pukul 17.00 WIT. Saat itu, KRI Albakora-867 menerima informasi dari Komendan pos TNI AL Bacan, Letda Laut (PM), Aris Sugiono yang menyatakan kalau KM. Sumber Raya 04 mengalami trouble engine. Menerima informasi tersebut, Komendan KRI Albakora-867, Mayor Laut (P) Joko Ariyanto bersama tim patroli langsung melakukan upaya pencarian. Benar saja, setelah melalui upaya pencarian hampir kurang lebih 3 jam, KRI Albakora-867 berhasil menemukan lokasi KM. Sumber Raya 04 di bagian selatan Tanjung Maregarago.

Dengan kecepatan 3,4 knot, KRI Albakora-867 mulai bergerak menggandeng KM. Sumber Raya 04. Kedua kapal ini lalu tiba di pelabuhan Kupal, Pulau Bacan sekitar pukul 02.00 WIT dengan kondisi penumpang dalam keadaan sehat. Nahkoda KM. Sumber Raya, Darmin Hanafi lalu memberikan apresiasi sekaligus ucapan terima kasih kepada tim KRI Albakora-867 yang telah sigap dan cepat memberikan pertolongan evakuasi. “Kami sangat berterima kasih atas aksi pertolongan cepat yang dilakukan TNI AL,” ucap Darmin lewat rilisnya, Sabtu (7/11) kemarin.

Ucapan yang sama juga disampaikan Komendan Lanal Ternate, Letkol Laut (P) Komaruddin atas upaya pertolongan dan evakuasi yang dilakukan tim KRI Albakora-867. “Dukungan KRI Albakora bertujuan untuk menghindari kemungkinan adanya penumpang menjadi korban akibat mati mesin ditengah kondisi cuaca yang kurang baik, akhir-akhir ini,”akunya.

Danlanal bilang, ke depan, pihaknya akan malakukan sosialisasi hotline dalam memberikan pertolongan secara cepat dan tepat. “Ini penting dilakukan untuk meminimalisir angka kecelakaan di laut,” tambahnya.

“Setelah dilakukan proses evakuasi, KRI Albakora-867 sudah berlabuh di dermaga pelabuhan Ahmad Yani, Ternate,” tandasnya. (mg-07/aji)

Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *