Setelah Registrasi, Pemeriksaan akan Libatkan Gakkumdu

MALUT POST – TERNATE. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Ternate, memastikan dalam waktu dekat kasus keterlibatan Camat Ternate Barat (Terbar) Fahmi B Amin pada politik praktis akan diregistrasi. Sebelumnya, beredar rekaman audio bahwa Fahmi B Amin mengajak RT/RW Kulaba untuk memenangkan pasangan calon MHB-GAS. Kepastian akan diregistrasi kasus keterlibatan Camat Terbar ini disampaikan Koordinator Divisi (Kordiv) hukum penanganan pelanggaran sengketa Bawaslu Ternate, Sulfi Madjid kepada Malut Post, kemarin.

Sulfi menyampaikan, Seluruh pelanggaran terutama yang melibatkan ASN akan diproses, termasuk pelanggaran yang dilakukan camat Ternate Barat tersebut. Namun proses itu harus melalui ketentuan dan mekanisme yang telah diatur. “Untuk kasus camat Ternate Barat, saat ini Panwascam Ternate Barat lagi melakukan penelusuran. Minimal ditemukan dua alat bukti, barulah dilakukan registrasi pemeriksaan,” terangnya.

Kendati begitu, Sulfi mengaku, pihaknya sudah melakukan rapat koordinasi dengan sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakumdu). Karena itu, setelah registrasi maka pemeriksaan akan melibatkan langsung tim Gakumdu. “Yang jelasnya, dalam waktu yang tidak terlalu lama kita sudah akan registrasi,” tukasnya.

Terpisah, Ketua DPRD Muhajirin Bailussy mengatakan, sebagai lembaga perwakilan rakyat, DPRD menyerahkan persoalan keterlibatan ASN pada politik tersebut ke Badan pengawas pemilu (Bawaslu), terutama ajak camat Ternate Barat yang rekaman percakapannya beredar tersebut.

“Langkah selanjutnya akan ditindaklanjuti oleh Bawaslu,” ungkapnya.

Muhajirin menambahkan, DPRD meminta ada langkah tegas dari Bawaslu. Sebab dalam aturan perundang-undangan, bahwa Aparatur Sipil Negara (ASN) dilarang untuk berkompanye. Para ASN harusnya menjadi contoh bagi masyarakat, dalam memberikan pendidikan politik yang baik. Sehingga terciptanya pilkada yang aman dan nyaman. “DPRD inginkan pilkada yang damai. Jadi jangan dibuat gaduh dengan melibatkan ASN,” tutupnya. (mg-03/udy/yun)

Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *