Seiring berjalannya waktu, teknologi yang kita kenal semakin mengalami perkembangan yang fantastis. Berawal dari hasrat yang manusia dambakan untuk memiliki kontrol yang simpel, terstruktur, dan efisien dalam menjalani kehidupan sehari-hari, hingga terciptalah bibit-bibit kemunculan teknologi tersebut. Prinsip Internet of Thing (IoT) telah diadopsi dalam sebuah inovasi brilian pada teknologi masa kini. Sistem fantastis ini disebut Smart Home System.

Smart Home System di Indonesia mungkin masih asing bagi telinga kita. Akan tetapi, dengan budaya transformasi teknologi Indonesia yang bisa dibilang sangat cepat, maka sistem komputerisasi yang mampu memudahkan kehidupan manusia ini akan sangat potensial untuk menjadi hal lumrah yang baru di sini.

Smart IR Control: Satu Kontrol untuk Satu Kehidupan

Smart IR System Control
Smart IR System Control

Bayangkan. Hari itu, profis pulang ke rumah dengan rasa lelah setelah bekerja seharian. Saat sampai, profis mendapati lampu dan pendingin ruangan telah menyala. Siapa yang menyalakan? Tentu saja sistem timer yang sebelumnya telah disetel agar ketika profis sampai di rumah, semuanya telah aktif dengan secara otomatis.

Tak harus menerapkan timer, sistem kontrol ini juga bisa dioperasikan secara manual. Menyalakan dan mematikan televisi, membuka dan menutup tirai, menyetel musik dari speaker, memadamkan kompor listrik yang profis lupa matikan, bahkan hingga menutup dan mengunci pintu, semuanya tercakup dalam sistem pengontrol tersentral yang disebut Smart IR Control. Nantinya, Smart IR Control ini dapat terkoneksi dengan smartphone milik profis, sehingga profis tidak perlu direpotkan dengan remot tambahan.

Selain itu, Smart Home System juga bisa diintegrasikan dengan monitor layar sentuh. Pada layar itu, fitur-fitur pengontrol di atas bisa profis setel. Ada juga beberapa indikator lain seperti suhu dan kelembaban udara ruangan, hingga notifikasi lain yang berhubungan dengan seisi rumah. Misalnya, ketika jam sudah menunjukkan pukul sepuluh malam, namun profis lupa mengunci pintu. Sistem akan mengirimkan pemberitahuan agar keamanan rumah tetap terjaga.

Cara kerjanya juga tidak serumit yang dikira. Di Indonesia sendiri, sudah banyak perusahaan yang menjual alat-alat yang dibutuhkan sekaligus instalasinya. Biayanya pun tak semahal yang profis bayangkan. Apalagi jika gemar bereksperimen, profis bisa juga mencoba melakukan instalasi sendiri, mengingat tutorialnya juga sudah banyak bertebaran di YouTube. Yang profis perlu sediakan yaitu biaya untuk internet, mengingat sistem ini membutuhkan jaringan nirkabel untuk tetap terhubung dengan smartphone dan biaya pemakaian listrik tentunya.

Kombinasi dengan Barang Unik dan Murah dari China

Smart and Unique System biasanya ditanamkan pada barang-barang China
Smart and Unique System biasanya ditanamkan pada barang-barang China

Tak dapat dipungkiri, Indonesia mulai kebanjiran barang-barang unik imporan China semenjak 2018 silam. Tak hanya murah, barang-barang tersebut juga sangat mudah didapatkan di ecommerce lokal. Aura kecanggihan di rumah bisa profis kembangkan lagi dengan mengkombinasikan semua sistem yang modern ini dengan barang-barang unik tersebut.

Seperti contoh, lampu speaker yang saat ini sedang viral. Bohlam lampu yang dilengkapi pengeras suara ini tentunya akan menambah kesan elegan pada rumah profis. Harganya pun tak mahal, bahkan beberapa penjual di ecommerce mematok harga di bawah seratus ribuan, loh! Dan itu hanya satu contoh. Karena selain lampu speaker ini, masih banyak barang-barang lain yang dapat menambah nilai unik dari rumah profis.

Meskipun belum semua barang-barang tersebut kompatibel dengan Smart IR Control, namun di masa mendatang apabila pertumbuhan implementasi Smart Home System melonjak, maka tak menutup kemungkinan para produsen akan menciptakan terobosan baru dimana semua barang-barang unik itu dapat terintegrasi dengan Smart IR Control, sehingga konsep Smart Home semakin menguat.

Konsep Smart Home Mulai Dilirik oleh Pengembang Properti

Ilustrasi Rumah di Komplek Smart Home
Ilustrasi Rumah di Komplek Smart Home

Pada kota-kota besar di pulau Jawa, beberapa pengembang properti mulai melirik sistem ini. Pengembang-pengembang raksasa seakan berlomba-lomba untuk membuat komplek perumahan yang setiap unitnya sudah full furnished dan dilengkapi sistem ini. Hal ini lumrah, mengingat usia pekerja produktif di Indonesia pada masa ini cukup tinggi.

Strategi para pengembang properti ini pun beragam. Mulai dari inovasi untuk menyediakan productive space, hingga harga yang diketok serendah mungkin, maka peminat dari rumah-rumah yang mereka kembangkan akan semakin tinggi. Yang artinya, menambah angka pengguna sistem rumah pintar di Indonesia.

Orang-orang muda pada era sekarang kebanyakan menjunjung tinggi kemudahan dan keunikan. Tentunya, Smart Home System adalah jawabannya. Dimana pada sistem ini, segala sesuatu dapat berjalan dengan mudah, cepat, dan tentunya membuat kita semakin akrab dengan teknologi. Ini merupakan sebuah kabar baik, karena dengan ini, Indonesia mulai bergerak ke arah negara yang modern. Satu dari banyak indikator yang membuat eksistensi merah putih semakin dipandang di dunia.

Inilah Masa Depan

Ilustrasi Smart Home di Masa Depan
Ilustrasi Smart Home di Masa Depan

Tak dapat dipungkiri, prediksi akan membludaknya rumah yang dilengkapi konsep Smart Home tentunya sangat realistis. Dengan segala kemewahan, kemudahan, dan tentunya biaya yang tak terlalu merobek kocek, angka rumah-rumah yang menerapkan sistem ini berpotensi mencapai puluhan ribu dalam beberapa tahun mendatang.

Inilah awal dari segala sistem yang modern. Setelah hadirnya smartphone yang dianggap sebagai barang paling canggih, Smart Home pun muncul. Dan jika waktu dimana konsep ini telah dianggap sebagai sesuatu yang lumrah telah tiba, maka inovasi lain akan muncul. Kendaraan terbang, energi ramah lingkungan, dan gebrakan-gebrakan tak terduga lain yang tentunya akan sangat menopang kehidupan manusia.

Jika penerapan Smart Home System berhasil menyabet setidaknya enam puluh persen rumah di Indonesia, maka selamat. Indonesia telah maju lebih jauh sebagai negara yang modern, melek teknologi, dan tentunya dapat lebih produktif.

Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *