MALUTPOST-TERNATE. Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPP-PA) Kota Ternate bekerja sama dengan Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Ternate menggelar peringatan Hari Ibu ke-92 pada, Sabtu (19/12) akhir pekan lalu. Kegiatan yang berlangsung di Ballroom Gamalama Sahid Bella Hotel Ternate ini mengangkat tema “Perempuan Inspirasiku Untuk Kemajuan Bangsaku”.

Menteri PPPA RI, I Gusti Ayu Bintang Darmawati, dalam sambutannya yang dibacakan Wakil Ketua I TP. PPK Kota Ternate Hj. Nurain A Tahir menyampaikan, peringatan Hari Ibu yang dirayakan setiap tahunnya adalah bentuk penghargaan kepada perjuangan perempuan indonesia dari masa ke masa. Perempuan mengisi ruang-ruang kontribusi dalam merebut kemerdekaan, menyuarakan berbagai permasalahan dan turut mencari serta menjadi solusi untuk mengantar Indonesia di titik sekarang, sehingga mampu mengangkat keberhasilan perempuan Indonesia mencapai kesetaraan.

“Karena itu sangat disayangkan apabila perempuan masih harus menghadapi berbagai ketimpangan mulai dari mengakses, berpartisipasi ikut menentukan arah serta menikmati manfaat pembangunan. Terlebih pandemi Covid-19 ini menempatkan perempuan dalam situasi yang lebih rentan,” ujarnya.

Meski begitu, perjuangan perempuan di era tatanan baru tetap harus mencerminkan perempuan penyemangat yang menjadi garda terdepan sebagai inspiration dalam keluarga dan masyarakat.

Pada peringatan Hari Ibu tingkat Kota Ternate kali ini. Lima orang perempuan inspiratif yang berasal dari berbagai bidang mendapat piagam penghargaan dan uang tunai dari DPP-PA Kota Ternate. Kisah perjuangan mereka di masa pandemi ini yang ditayangkan dalam video sangat menginspirasi.

Lima orang perempuan yang mendapat penghargaan itu adalah Hitija Ade (Tukang Ojek Perempuan) Ratih Lastika Sari, S.Farm. SIK,Apt (Polda Malut), Fadriah Syuaib (Seniman Perupa), Maryati Tomayou (Penyintas Covid-19), dan Nina Datarani (Pelaku UMKM). Lima sosok perempuan yang mendapat penghargaan ini diharapkan dapat menjadi sumber inspirasi bagi perempuan lainnya di Malut. (pn/rul)

Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *