MALUTPOST-SOFIFI. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku Utara melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) menyerahkan Surat Keputusan (SK) bagi 130 Calon Pegawai Negeri (CPNS) di lingkup Pemprov Malut, Senin (21/12) kemarin. Dari 11 Pemda yang ada di Maluku Utara, Pemprov paling tercepat menyerahkan SK CPNS formasi tahun 2019.

Meski telah menerima SK CPNS, Pemprov tidak segan-segan memberhentikan para CPNS yang tidak disiplin dan berkinerja buruk. Kepala BKD Malut, Idrus Assagaf dalam sambutannya menyampaikan bahwa setelah menerima SK CPNS ini, maka tanggung jawab seorang CPNS adalah melaksanakan tugas dan kewajiban sebagai seorang Pegawai Negeri dan akan diberikan hak sesuai ketentuan yang berlaku. Dia menegaskan bahwa seorang PNS yang sejati adalah yang kepuasan kerjanya tidak ditentukan oleh besarnya gaji yang diterima, melainkan ditentukan dari tingginya kepuasan dan kesejahteraan masyarakat yang dilayani sebagai akibat dari kemampuan dan profesionalitas yang dimiliki seorang PNS.

Hal inilah, lanjut Idrus, yang membedakan PNS dengan profesi-profesi lainnya. Karena keuntungan PNS bukanlah bersifat materi, tetapi lebih bersifat pada pengabdian kepada masyarakat, bangsa, negara khususnya daerah Provinsi Malut. Berdasarkan SK CPNS yang baru saja diserahkan, akan ditempatkan di masing-masing SKPD di lingkungan Pemprov Malut.

“Untuk itu, saya berpesan agar meningkatkan pengetahuan, wawasan, kepribadian dan etika selaku PNS yang melekat pada diri saudara-saudara. Karena suatu keberhasilan sangat tergantung pada kemampuan dan kemauan saudara untuk mengoptimalkan tugas-tugas yang diberikan,” ujarnya.

Di lain sisi, kata dia, pengangkatan sebagai CPNS ini masih dalam percobaan. Sesuai ketentuan yang berlaku, kinerja seorang CPNS akan dinilai dan dievaluasi selama satu tahun. Sehingga belum ada jaminan pasti akan diangkat menjadi PNS. “Apabila dalam menjalani masa percobaan tersebut tidak menujukkan disiplin dan kinerja yang baik, Pemerintah Daerah tidak segan untuk memberhentikan dari CPNS,” tegasnya. (cr-03/jfr)

Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *