MALUTPOST-TIDORE. Ini peringatan bagi masyarakat yang hendak berpergian keluar dari kota Tidore Kepulauan (Tikep). Untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19, masyarakat yang akan melakukan perjalanan keluar dari wilayah Tidore wajib mengikuti Rapid Test Antigen.

Demikian disampaikan Direktur Rumah Sakit Daerah (RSD) Tikep, Dr. Fahrizal Maradjabessy, Selasa (22/12). Namun untuk menerapkan kebijakan ini, pihaknya tinggal menunggu Surat Keputusan (SK).

“Sementara SK dari RSD sedang disiapkan, karena berkaitan dengan pemeriksaan antigen harus ada SK-nya,” kata Fahrizal.

Pemberlakuan Rapid Test Antigen bisa mendeteksi virus secara langsung dan lebih cepat dari Polymerase Chain Reaction (PCR).

Tentu masyarakat yang hendak mengikuti rapid test antigen sebagai syarat untuk melakukan perjalanan keluar dari Tidore harus merogoh koceh yang tidak sedikit. Pungutan biaya bagi warga yang melakukan pemeriksaan rapid test antigen, sebut Fahrizal, disesuaikan dengan edaran Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) dan Peraturan Daerah (Perda), yakni Rp 275.000. “Makanya harus ada SK dari RSD. Kalau SK sudah ada maka kita langsung melakukan test bagi masyarakat dari rumah sakit. Pemberlakuan Rapid test antigen dimulai Desember setelah SK diterbitkan, tandasnya. (mg-06/aji)

Iklan

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *