MALUTPOST-TERNATE. Sejumlah tokoh muslim nasional, kembali menenrima penghargaan Moeslim Choice Award 2020 yang diselenggarakan majalah Moeslim Choice di Auditorium TVRI Jakarta, Senin (21/12) malam.

Sejumlah 25 tokoh muslim yang mendapat Moeslim Choice Award 2020 ini. Menariknya, Wali Kota Ternate, Burhan Abdurrahman menjadi salah satu penerima Moeslim Choise Award tahun ini, dengan kategori Governance Award. Penghargaan Governance Award ini diberikan kepada tujuh tokoh. Yakni Menteri PUPR Mochamad Basoeki Hadlmuljono, Mendagri Tito Karnavian, Menpar-RB Tjahjo Kumolo, Gubernur Sumsel H. Herman Deru, Wali Kota Ternate Burhan Abdurrahman, Bupati Kepulauan Meranti H. Irwan Nasir dan Hj. Ratu Tatuh Chasanah, Bupati Serang.

Wali Kota Burhan Abdurrahman, berhasil menyabet penghargaan ini, karena dinilai keberhasilannya dalam menghidupkan dan menjalankan program Barifola.

Barifola adalah sebuah pembangunan rumah bagi masyarakat yang tidak mampu, tanpa menggunakan anggaran APBN ataupun APBD.

Meski awalnya program tersebut berawal dari tradisi Paguyuban Keluarga Tidore, namun di bawah arahan Wali Kota Burhan Abdurrahman, gerakan tersebut akhirnya tidak hanya dikhususkan untuk masyarakat Tidore di Ternate saja. Dalam perkembangannya, Barifola juga menyasar rumah-rumah warga tidak mampu di daerah-daerah lain diseluruh penjuru Maluku Utara. Diantaranya, di halmahera, Obi, Sanana, dan Bacan, dll.

Selain itu penghargaan ini diberikan karena keberhasilan melakukan pembangunan di berbagai sektor di kota Ternate, sehingga kota Ternate mencapai kemajuan yang sangat signifikan dalam dua periode kepemimpinannya.

Moeslim Choice Award merupakan ajang pemberian penghargaan kepada sejumlah tokoh yang dinilai memberikan inspirasi, sumbangan besar dan signifikan terhadap perkembangan Islam, kehidupan berbangsa dan bernegara, baik dilingkup Daerah, Nasional, hingga Global.

Event ini merupakan program tahunan yang digelar oleh Moeslim Choise Media Network (Majalah Moeslim Choise, Portal Berita Moeslimchoice.com, dan Channel Moeslimchoice.tv. Tahun 2020 ini merupakan yang ketiga kalinya digelar.

Burhan Abdurrahman, saat menyampaikan sambutan malam penerimaan penghargaan, mengatakan terima kasih atas penghargaan yang diberikan Moeslim Choice. Namun bagi dirinya, penghargaan ini lebih pantas diberikan kepada 40 mujahidin Barifola, yang bekerja tanpa pamrih, tanpa meminta upah. Hanya ingin membantu membangun rumah keluarga yang tidak mampu di Maluku Utara.

“Mujahidin Barifola ini bekerja dengan ikhlas, membangun rumah kaum duafa. Meski tanpa sokongan anggaran, baik APBD maupun APBN. Sampai saat ini, Alhamdulilah sudah ada 227 rumah.

Semoga dengan penghargaan ini, menjadi semangat bagi tim Mujahidin Barifola, untuk terus melakukan gerakan sosial membangun rumah warga tidak layak huni di Ternate maupun Maluku Utara,”tukasnya.

Terpisah, Kepala Bagian Protokol Kerjasama dan Komunikasi Pimpinan, Syaiful Arsyad menyampaikan, Wali Kota dalam beberapa hari di luar daerah, bukan untuk jalan-jalan. Tapi mengikuti beberapa kegiatan kedinasan yang tidak bisa diwakilkan. Diantaranya, menghadiri kegiatan Rakernas VIII Kota Pusaka Indonesia di Siak Sri Indrapurna Kabupaten Siak Provinsi Pekan Baru. Setelah itu Wali Kota menerima penghargaan Moeslim Choice Award atas keberhasilan program Barifola.

“Jadi beberapa hari di luar daerah, pak Wali mengikuti agenda pemerintah, tidak hanya di Jakarta. Tapi juga di beberapa daerah yang berbeda,” tuksnya. (udy/yun/adv)

Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *