MALUTPOST.TERNATE – Pelaku perjalanan dari dan ke Maluku Utara (Malut) mulai 9-25 Januari 2021 diwajibkan pakai rapid antigen. Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Sultan Babullah Ternate, Agus Heriyanto menuturkan, ini berdasarkan surat sedaran dari Kementrian Perhubungan nomor 3 Tahun 2020 di poin 3 huruf D, petunjuk pelaksana perjalanan orang dalam negeri dengan transportasi udara dalam masa pandemi COVID-19.

Kemudian surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3×24 jam, atau hasil negatif rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 2×24 jam sebelum keberangkatan, untuk penerbangan dari dan ke daerah lain. Namun, persyaratan kesehatan sebagaimana disebutkan pada huruf D tidak berlaku bagi penerbangan angkutan udara perintis, penerbangan angkutan udara di daerah 3T (Tertinggal, Terdepan dan Terluar) atau penumpang anak-anak yang berusia di bawah 12 tahun.

“Maka semua calon penumpang harus rapid antigen dan fasilitas rapid antigen sudah disiapkan di bandara dan rumah sakit umum daerah, rumah sakit Islam dan beberapa laboratorium,” ujarnya. Dalam surat edaran itu juga tetap diimbau agar jaga jarak, pakai masker dan prokes lain tetap diterapkan bagi pelaku perjalanan. Ketentuan jumlah penumpang hanya 70 persen juga tetap diterapkan. (tr-02/onk)

Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *