MALUTPOST.HALBAR – Hujan deras yang mengguyur wilayah Halmahera Barat (Halbar), Jumat (15/1) hingga Sabtu (16/1) akhir pekan mengakibatkan banjir di Kecamatan Ibu, Loloda dan Jailolo Selatan (Jalsel). Di Ibu, banjir terjadi di Desa Tongute Ternate dengan ketinggian air kurang lebih 1 meter yang menggenangi puluhan rumah warga. “Meski demikian warga tidak mengungsi, karena pada Sabtu sore air sudah mulai surut,” kata Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Abdullah IShak yang dikonfirmasi, Sabtu (16/1).

Sementara di Loloda, Banjir terjadi di Desa Pumadada, Linggua dan Barataku. Di Pumadada Talud jebol sehingga air masuk menggenangi pemukiman. “Takut banjir semakin besar, warga pun mengungsi di daerah ketinggian. Tidak ada korban jiwa, yang ada hanya korban material,” ungkapnya.

Lalu di Desa Barataku dan Ligua, tinggi air mencapai lutut orang dewasa. “Warga sempat keluar dari rumah dan mencari tempat aman,” ucapnya. Selain itu, pagar kantor PLN di di Desa Barataku juga roboh diterjang banjir. Kemudian di Desa Domato Jailolo Selatan, ketinggian air mencapai lutut orang dewasa. Warga tidak mengungsi karena tak berselang lama, tepatnya Sabtu (16/1) sore air mulai surut.

Selain banjir, juga terjadi longsor di Gunung Koma, Minggu (17/1) sekira 04.30 WIT. Material yang menutup badan jalan tersebut membuat jalur kendaraan Jailolo-Sidangoli lumpuh total hingga pukul 20.15 WIT malam tadi. Pembersihan material ini dilakukan tim gabungan yang terdiri dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas PUPR, TNI/ Polri, Satpol PP/ Damkar, DLH, Orari dan Masyarakat. “Pembersihan dilakukan dengan peralatan seadanya. Pada pukul 16.00 WIT, tiba satu mobil pemadam kebakaran milik satpol PP dan Damkar dan menyemprot bekas lumpur di ruas jalan,” ucapnya.

“Tumpukan material ini berhasil dibersihkan sekira pukul 20.00 WIT malam tadi sehingga kendaraan jalur Jailo-Sidangoli juga sudah bisa melintas. Meski demikian, kami meminta pengendara berhati-hati karena permukaan jalannya sangat licin. Karena itu, kendaraan yang melintas di lokasi sekitar longsor ini dipandu petugas di lapangan,” ucapnya, sembari meminta warga yang sering bepergian agar tetap waspada karena cuaca saat ini belum bersahabat. (met)

Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *