MALUTPOST.TERNATE IF alias Iksan, terdakwa perkara tindak pidana pencabulan terhadap anak menjalani sidang lanjutan di Pengadilan Negeri (PN) Ternate, Kamis (14/1) kemarin. Sidang dengan agenda pembacaan putusan kemarin dipimpin hakim ketua Irwan Hamid. Dalam putusan, Majelis Hakim menegaskan, terdakwa IF alias Iksan terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana tipu muslihat pencabulan anak.

Sebagaimana dakwaan tunggal Jaksa Penuntut Umum (JPU). Karena itu terdakwa divonis pidana penjara 5 tahun dan denda Rp 5 juta. Apabila denda yang dikenakan tidak dibayar, maka diganti dengan pidana kurungan selama tiga bulan.

Hakim juga menetapkan, masa penangkapan dan penahanan yang dijalani terdakwa dikurangi seluruhnya dari vonis pidana dengan perintah terdakwa tetap ditahan. Sementara barang bukti yang dikembangkan ke saksi APG alais Amel yakni satu lembar kaos lengan pendek warna kuning motif garis-garis dan bergambar ditambah satu jeans 3/4 biru hijau serta satu celana dalam warna ungu.

Putusan Majelis Hakim diketahui lebih ringan dari tuntutan jaksa. Sebab dalam sidang tuntutan sebelumnya, terdakwa IF alias Iksan dituntut pidana penjara 6 tahun dan denda 1 miliar subsider 4 bulan penjara. Mempertanggungjawabkan perbuatannya, terdakwa Iksan diancam pidana dalam pasal 82 ayat (1) Undang-undang nomor 17 tahun 2016 tentang perubahan kedua atas Undang-undang nomor 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *