MALUTPOST.DARUBA – Tarif speedboat Morotai-Tobelo, dipastikan kembali normal pada pekan ini. Hal tersebut menyusul Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pulau Morotai, telah melakukan survei lapangan serta koordinasi dengan pihak Syahbandar Pelabuhan Daruba terkait tarif speedboat.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kabupaten Pulau Morotai, Hadad Hi Hasan, kepada Malut Post menjelaskan, usai menerima keluhan warga soal tarif speedboat Morotai-Tobelo, pihaknya melalui petugas dilapangan kemudian turun melakukan pemantauan dan mengkroscek aktivitas penyeberangan laut, khusunya yang menggunakan speedboat pekan ini akan kembali normal,” terang Hadad, Kadishub Morotai.

Dikatakan Hadad, Dishub sudah beroordinasi dengan pihak Syahbandar sebagai Otoritas Pelabuhan, agar tertibkan tarif speadboat untuk motoris dan atau pemilik speedboat. “Kita sudah sampaikan ke Syahbandar sebagai otoritas Pelabuhan supaya tarif speedboat dikembalikan sesuai SK,” jelas Hadad.

Terpisah, Kepala Kantor Unit Penyelenggaa Pelabuhan Kelas III Daruba, Idham A. Basir, dikonfirmasi mengatakan, pihaknya sudah menindaklanjuti hasil koordinasi dengan pak Kadishub. Kami juga telah instruksikan ke staf di lapangan untuk tertibkan tarif sesuai SK,” kata Idham menambahkan, pihaknya juga menegasi soal dokumen serta pendukung transportasi laut serta alat keselamatan, dimana tidak memenuhi standar berlayar maka tidak diizinkan untuk beroperasi.

Diketahui sebelumnya, pemilik speedboot dan motoris, tetap bersikeras tak mau tarif kembali normal, mereka beralasan penumpang dibatasi hingga tari harus naik untuk menutup biaya operasional dan pendapatan. Namun setelah Dishub turun melakukan survei dilapangan, ternyata ditemukan penumpang tidak lagi dibatasi dan mulai normal, fakta itu membuat Dishub kemudian berkoordinasi bersama Syahbandar untuk tarif ditertibkan kembali sesuai SK. (tr04/lid)

Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *