MALUTPOST.JAILOLO – Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemkab Halmahera Barat merencanakan pelaksanaan vaksin kepada Tenaga Kesehatan (Nakes) dan 10 Pejabat Daerah, Rabu (10/2) pekan depan. Kesiapan pencanangan ini, Dinkes selaku instansi teknis mulai mendistribusikan vaksin ke masing-masing puskesmas yang diawali di Puskesmas Jailolo, Sahu dan Sahu Timur, Senin (1/2) lalu.

Sementara Puskesmas Sidangoli dan Bobaneigo Jailolo Timur, pendistribusian dilakukan pada Selasa (2/2). Puskesmas Ibu Selatan, Ibu dan Tabaru dilakukan pada Rabu (3/2) kemarin, dan Puskesmas Loloda didistribusikan Kamis (4/2), hari ini. “Rencananya saat pencanangan vaksin 10 Februari untuk tenaga kesehatan itu langsung diikutkan dengan 10 pejabat daerah,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Rosfintje Kalengit yang dikonfirmasi, Rabu (3/2).

Tenaga Kesehatan yang akan divaksin 981 orang, yang tersebar di 14 Puskesmas, RSUD, gudang farmasi dan Dinas Kesehatan. “Kami sudah siap untuk semua yang bekerja difasilitas kesehatan, baik yang berstatus nakes maupun non kesehatan akan divaksin,” ungkapnya. Untuk tenaga vaksinator di Puskesmas juga sudah disiapkan. Nakes ini teknisnya harus ada sms plus atau pemberitahuan dari Peduli Lindungi.

Setelah mendapatkan pemberitahuan, barulah mendaftar untuk diperiksa dan divaksin. “Hampir sebagian besar Nakes sudah menerima pemberitahuan tersebut,” ungkapnya, sembari mengatakan semua yang bekerja di fasilitas kesehatan, baik nakes maupun non nakes sudah siap divaksin.

Diketahui, jatah vaksin Sinovac yang didistribusikan Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemprov Malut ke Halmahera Barat itu 1.840 dosis yang ditampung di gudang farmasi Desa Guemadu Kecamatan Jailolo. Vaksin ini sebagian besarnya sudah didistribusikan ke masing-masing Puskesmas. (met)

Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *