MALUTPOST.TERNATE – Pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Perumda Ake Malako oleh Pansus III DPRD, masih terkendala. Ini diakibatkan belum diserahkan item penyertaan modal dari PDAM. Sebelumnya, DPRD juga sudah menyoroti terkait dengan lambatnya Pemerintah Kota untuk memberikan penyertaan modal, sehingga membuat pembahasan pun terkendala dan belum usai hingga sekarang.

Setelah mendapatkan respons dari DPRD, kini giliran dari Akademisi Kebijakan Publik dan Ekonomi Universitas Khairun Nurdin I Muhammad. Terkait dengan permintaan DPRD ini, Pemkot sepertinya tidak proaktif. Menurutnya, item penyertaan modal sangat serius dan vital. Karena itu, Pemerintah Kota harus segera merespons permintaan DPRD tersebut.

“Sebab itu berkaitan langsung dengan pelayanan air bersih ke masyarakat. Jadi, secepatnya harus diserahkan, agar bisa dikaji untuk ditetapkan menjadi Perda,” ujarnya.

Nurdin menambahkan, pihak PDAM juga sebagai leading sektor harus menyediakan hal-hal apa yang diminta oleh Pansus III DPRD. Menurutnya, hal ini dimaksudkan agar pembahasan tentang Ranperda Perumda Ake Malako sesuai dengan target yang telah ditetapkan.

“Karena, dengan terlambatnya penyertaan modal ini, pembahsan pun tertunda dan menjadi kendala di Pansus III DPRD. Pemkot harus segera memberikan item penyertaan modal tersebut,” tutupnya. (mg-03/yun)

Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *