MALUT POST – TIDORE. Pelaksanaan program vaksinasi terhadap tenaga medis di Kota Tidore Kepulauan telah mencapai 50 persen Juru bicara setgas Covid-19, Kota Tidore Kepulauan, Saiful Salima mengemukakan, hingga saat ini, tenaga kesehatan di Kota Tidore yang telah mendapat vaksinasi sebanyak 639.

Jika mengacu pada sasaran SISDMK (Sistem Informasi Sumber Daya Manusia Kesehatan) pusat dan provinsi maka sudah hampir 50 persen tenaga kesehatan di Tikep yang telah divaksin. “Itu pun beberapa fasilitas kesehatan yang laporannya belum masuk, per hari ini (kemarin,red),” kata Saiful, saat dikonfirmasi, Kamis (4/2).

Saiful menambahkan, 639 tenaga kesehatan itu divaksin pada tahapan dosis pertama. Disampaikan itu, pihaknya juga telah melakukan vaksinasi dosis kedua terhadap tenaga kesehatan sebanyak 96 orang. “Vaksinasi dosis kedua suda dimulai sejak 2 Februari 2021 kemarin,” akunya.

Sebanyak 735 tenaga kesehatan yang telah divaksin itu tersebar di 13 fasilitas kesehatan di Tikep, yakni di 10 puskesmas dan rumah sakit. Selama vaksinasi, kendala yang ditemukan itu hanya berupa beberapa tenaga kesehatan yang tidak memenuhi syarat untuk divaksin atau tidak lolos dalam tahap skrining (pemeriksaan).

Hal itu disebabkan karena beberapa tenaga kesehatan itu memiliki gejala seperti batuk dan beringus bahkan ada beberapa orang yang memiliki penyakit penyerta seperti darah tinggi, asma dan lain-lain. Sehingga vaksinasi terhadap mereka ditunda. “Jika kondisi mereka sudah stabil maka akan divaksin. Tapi kalau kondisi mereka belum stabil maka ditunda,” katanya mengakhiri. (aby/jfr)

Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *