Menumpuk di Mana-mana, Armada Kehabisan BBM

MALUT POST – TERNATE. Selama dua hari, petugas kebersihan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) tidak melakukan aktivitas mengangkut sampah. Hal membuat sampah warga yang dibuang ke tempat penampungan sementara (TPS), akibat daya tampung TPS tidak mampu lagi.

Tidak hanya menumpuk, sebagian bahkan telah mengeluarkan bau menyengat. Hal ini membuat warga sekitar TPS terganggu. Penumpukan sempah sejak Sabtu dan Minggu ini terjadi, karena armada pengangkut sampah tidak bisa beroperasi, lantaran kehabisan bahan bakar minyak (BBM).

Kepala DLH Tonny Sahruddin Pontoh, yang berjanji akan segera mengoordinasikan masalah ini agar proses pengangkutan sampah tetap dilakukan, ternyata tidak terbukti. Ironisnya, selama dua hari ini, Tonny sudah sulit dihubungi.

Kepala Bidang Kebersihan DLH Yus Karim, saat dikonfirmasi mengaku, sampah yang tertumpuk di sejumlah TPS tersebut tidak akan diangkut sampai Senin harus ini. Menurutnya, jika itu terjadi maka akan mengundang kemarahan warga sekitar TPS. Sebab warga juga tidak akan mampu menahan bau sampah yang tidak terangkut tersebut. “Tidak hanya itu, kami juga khawatir, jangan sampai petugas kami kewalahan akibat sampahnya terlalu banyak,” akunya.

Mantan Plt Kepala DLH ini menyampaikan, kasus seperti ini baru pernah terjadi selama dirinya berada di DLH. Bahkan, sejak ia menjadi pegawai rendahan sampai kepala bidang dan masuk masa pensiun tahun ini. Menurutnya, ini semua akibat dari sistem keuangan yang berganti hingga anggaran tidak bisa cair. Sebab pihak ketiga PT. Maluku Indah, yang selama ini melayani BBM armada sampah, tidak mau lagi melayani, lantaran utang sejak bulan November lalu belum dibayar.

“Ya, kita juga tidak bisa salahkan pihak ketiga. Sebab mereka sudah banyak membantu kami juga. Saat terlambat, tetapi saja ditolerir. Namun kali ini mungkin terlalu lama ditunda pembayarannya, sehingga Maluku Indah juga tidak bersedia. Kita memaklumi itu, karena mereka juga pengusaha,” akunya. (udy/yun)

Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *