Dananya Dialihkan pada Penanganan Covid-19

MALUT POST – TENATE. Awal tahun 2021 ini seperti cukup memberatkan bagi Pemerintah Kota Ternate. Sejumlah persoalan muncul, bahkan jelang berakhirnya masa jabatan Burhan Abdurahman sebagai Walikota Ternate. Mulai dari masalah sampah, gaji ASN tertunda, TTP belum terbayar, UP di SKPD terlambat, hingga honor kebersihan taman selama dua bulan belum terbayar.

Satu pekan terakhir ini, selain bahan bakar minyak (BBM) armada sampah yang menunggak, juga ada persoalan lain di Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Ya, petugas keberhasilan taman kota juga ternyata belum dibayarkan dua bulan honor, di tahun 2020. Para petugas kebersihan dengan jumlah 150-an itu, bulan November dan Desember belum menerima upah. Mereka baru terima di bulan Januari dan Februari 2021.

“Mau bagaimana, torang tanya di kantor, dorang alasan belum ada doi. Tara mungkin harus mengamo,” kata salah satu petugas kebersihan. Tidak hanya petugas kebersihan, tapi honorer rusunawa juga tiga bulan upahnya belum terbayar. Ironisnya, anggaran mereka juga tahun ini terbatas. Sehingga belum ada kepastian mereka akan dibayar.

Menanggapi hal ini, Kepala Dinas Perkim Nuryadin Rachman mengatakan, petugas kebersihan taman per Januari 2021 resmi beralih ke Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Tidak lagi di bawah Disperkim. Karena itu, upah honor mereka untuk Januari dan Februari telah dibayar DLH. Namun dua bulan tahun 2020 masih utang, belum terbayar. Itu karena, dananya terpangkas saat dilakukan rasionalisasi penanganan covid-19 lalu. “Total anggarannya kurang lebih Rp600 juta,” akunya.

Sementara untuk petugas rusunawa, Nuryadin membenarkan masih tiga bulan belum dibayar, dengan nilai tunggakan mencapai Rp 250 juta-an. “Benar anggaran mereka tahun ini tidak muncul di aplikasi yang baru. Padahal sudah diusulkan. Karena itu, kami rencana akan menyurat ke Wali Kota untuk mengakomodir upah honor mereka. Baik di tiga bulan sebelumnya, juga dalam tahun 2021 ini. Sebab mereka sudah bekerja meski tanpa digaji, tinggal pemerintah memenuhi kewajiban terhadap mereka,” tukasnya. (udy/yun)

Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *