MALUT POST – TERNATE. Pusat Perbelanjaan Plaza Gamalama yang diresmikan oleh mantan Wali Kota Ternate, Burhan Abdurahman dua pekan lalu, belum difungsika. Bangunan yang dibangun menggunakan APBD ini, akan berfungsi setelah ada pihak ketiga sebagai pengelola.

PLN Wali Kota Jusuf Sunya, menyampaikan, untuk menentukan pihan ketiga sebagai pengelola, pemkot mempercayakan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL), melakukan lelang. Kegiatan lelang sendiri lagi sementara berjalan, dan sudah ada beberapa perusahan yang berminat. Namun Jusuf, mengaku belum mengetahui pasti.

“Sudah ada beberapa perusahaan yang berminat. Tapi saya tidak hafal pasti perusahan apa saja,” terangnya. Jusuf yang juga Sekretaris Kota (Sekkot) Ternate ini mengatakan, pemerintah akan menyerahkan sepenuhnya tanggung jawab kepada pengelola.

Sehingga setiap tahun pemkot hanya mendapat setoran dengan besaran nilai yang telah disepakati.

“Perkiraannya, per tahun bisa Rp5 miliar, yang harus disetor oleh pihak ketiga ke Kasda,” katanya.

Dirinya menargetkan, Plaza baru akan bisa beroprasi sekitar bulan April. Karena setelah lelang, akan ada penandatanganan perjanjian dan juga persiapan pihak ketiga.

“Kenapa KPKNL yang ditunjuk melakukan lelang, bukan ULP. Karena pemkot ingin proses lelangnya terbuka dan bebas interfensi. Karena KPKLN lembaga profesional. Dengan begitu, perusahaan yang kalah lelang juga tidak harus komplen,” akunya. (udy/yun)

Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *