Pengamat Minta Jangan Alihfungsi Talud

MALUT POST – TERNATE. Pelaksanaan Tugas Harian (Plh) Wali Kota Ternate Jusuf Sunya memastikan dana tak terduga (DTT) senilai Rp 10 miliar, akan digunakan untuk membangun kembali talud yang rusak di pusat wisata Sulamadaha.

“Saya sudah dapat laporan tentang kerusakan, di berbagai kerusakan akibat hantaman ombak saat air pasang, beberapa waktu lalu,” kata Jusuf.

Sala satu lokasi yang terdampak kata Jusuf, pusat wisata Sulamadaha. Dimana talud rusak parah atau ambruk. Karena itu akan segera di bangun kembali tahun ini juga, dengan menggunakan sumber anggaran DTT.

“Akan dibangun kembali karena kebutuhan. Sebab lokasi tersebut menjadi pusat wisata, dan banyak warga bergantung hidup. Diantaranyapara ibu-ibu yang berjualan di tempat itu,” tukasnya.

Sementara itu, pemerintah pembangunan kota, M. Faisal Bian. Mengapresiasi langkah cepat pemkot merespon kerusakan di pusat wisata Sulamadaha, yang dihantam ombak pekan lalu. Kata dia, ini menunjukkan pemkotpeka terhadapkeresahan warga Ternate. Sebab berwisata telah menjadi kebutuhan mesyarakat kota.

Selain itu, warga Sulamadaha yang setiap hari berjualan terdampak akibat kerusakan lokasi tersebut.

Kendati begitu, Magister Perencanaan Wilayah dan Kota ini, menyarankan pembangunan dan penataan kembali objek wisata tidak hanya mengedepankan aspek estetika, namun juga fungsi dan safety. Ia berharap agar gazebo yang semula dibangun di atas talud, jangan lagi dilakukan. Karena selain mengalikan fungsi talud sebagai penahan ombak, juga gazebo tersebut tidak akan bertahan lama.

“Embun air laut yang hari menempel di kayu gazebo akan cepat rusak. Belum lagi ketika air pasang dan dihantam ombak. Meskipunkekuatan ombaknya kecil,” jelasnya. (udy/yun)

Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *