MALUTPOST. DARUBA – Otoritas pelabuhan Daruba, Jumat (5/3) siang kemarin, menutup sementara aktivitas speedboat untuk penyeberangan laut Morotai-Tobelo, menyusul cuaca memburuk. Idham A. Basir, Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan kelas III Daruba, kepada Malut Post mengatakan, pihaknya terpaksa mengambil kebijakan dengan menutup sementara aktivitas penyeberangan laut, karena cuaca tidak mendukung.

“Penutupan sementara penyeberangan speedboat dilakukan pada Jumat siang pukul 14.00 Wit. Hal ini dilakukan karena kami tidak mau ambil resiko terkait keselamatan warga yang akan menyeberang ke Tobelo dengan menggunakan speedboat,” terang Idham.

Idham mengaku, Jumat pagi sekitar pukul 07.00 Wit hingga pukul 10.00 Wit, cuaca masih baik, dimana aktivitas speedboat berjalan normal. Namun mulai diatas jam 10.00 Wit, cuaca memburuk. “Kita juga berpegangan pada informasi prakiraan cuaca dari BMKG yang menyebut, jika gelombang laut di perairan Morotai-Tobelo bisa mencapai 3 meter, alasan inilah kita kemudian mengambil kebijakan dengan menutup sementara aktivitas penyelengaraan laut khusus untuk speedboat,” kata Idham.

Untuk lama penutupan itu, lanjut Idham, tergantung kondisi cuaca. “Jika cuaca membaik dalam beberapa waktu kedepan, kita akan kembali izinkan pelayaran speedboat dari Morotai ke Tobelo. Untuk itu kami berharap, warga yang ingin bepergian dengan menggunakan speedboat supaya menahan diri dan sabar menunggu cuaca normal kembali, ini demi keselamatan bersama,” tutup Idham. (tr04/lid)

Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *