Honor Kebersihan Naik, NHM Bakal Bantu Armada Sampah

MALUT POST – TERNATE. Kabar gembira bagi para petugas kebersihan, baik penyapu jalan maupun pengangkut sampah. Pasalnya, pemerintah ingin menaikkan upah setara dengan upah menimum kata (UMK), atau senilai Rp 2,6 juta. Pasalnya, upah yang selama ini di bayar terlalu rendah, tidak seimbang dengan beban pekerjaan. Rencana kenaikan ini, disampaikan pejabat Wali Kota Hasyim Deang Barang kepada Malut Post.

“Kasihan mereka kerja pagi sore. Kita belum bangun, jalanan sudah harus bersih. Tapi dihargai hanya Rp2 juta,” kata Hasyim. Meski begitu, Sekretaris Pribadi Gubernur Maluku Utara (Malut) ini mengaku, Harus ada skenario yang dibuat, karena langsung naik akan membebani keuangan daerah.

“Salah satu cara adalah melihat duluh jumlah pegawai tidak tetap )PTT). Karena terlalu banyak PTT kita di kota ini,” tendasnya.

Hasyim berjanji, dalam waktu dekat ini akan meminta laporan jumlah PTT di Bagian BKPSDM untuk dikurangi.

“Terutama di bagian pelayanan administrasi. Saya belum lihat data pasti, tapi informasinya PTT ini mencapai 3 ribu lebih. sangat banyak itu,” tambahnya.

selain rencana menaikan upah petugas kebersihan, pejabat juga mengaku sudah melakukan lobi ke beberapa perusahan tambang di Maluku Utara, untuk membantu mobil angkutan. Dia mengaku sudah menyetujui pengajuan surat permohonan bantuan. Salah satunya PT. Nusa halmahera Mineral (NHM).

“Selain pejabat wali kota, Saya pakai kekuatan di ESDM. Saya ingin ada bukti yang ditinggalkan salama menjabat ini. Dan saya sudah temui Presdir NHM pak H. Robert. Jawabannya pesitif, segera akan dibantu. Biar mobil bekas yang penting layak pakai tidak masalah,” tukasnya. (udy/yun)

Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *