DPRD Minta Pemkot Pertimbangkan Faktor Usia

MALUTPOST.TERNATE – Rapat Dengar Pendapat (RDP) komisi I DPRD dengan tim verifikasi dan validasi pemberhentian Pegawai Tidak Tetap (PTT), digelar kemarin. Rapat tersebut dihadiri tim verifikasi yang dipimpin Asisten I Mohdar Din.

Ketua Komisi I Mohtar Bian mengatakan, tim verifikasi dan validasi bekerja selama dua minggu. Hasilnya, sebanyak 466 PTT yang akan diberhentikan. Menurutnya, pemberhentian tersebut memiliki beberapa faktor. Pertama, kedisiplinan. Hasil verifikasi, ditentukan ada beberapa PTT yang sudah tidak masuk berhari-hari, bahkan ada juga yang sudah meninggal dunia. Kemudian yang kedua, PTT berusia lanjut.

Namun, untuk indikator usia lanjut ini, komisi I mengusulkan agar ditinjau kembali, yakni di atas 50 tahun sesuai dengan ASN.

“Misalnya pada dinas kebersihan, tenaga kesehatan, maupun pendidikan. Jika diberhentikan di usia 46 tahun sesuai dengan perjanjian kerja, maka siapa yang akan menggantikan. Kami minta tim verifikasi dan validasi, agar melakukan pertimbangan,” ungkapnya.

Mohtar menambahkan, waktu pemberhentian belum diketahui kapan. Tetapi evaluasi ini sebagai tahap awal. Kata dia, evaluasi yang dilakukan ini secara keseluruhan bukan hanya di tahun 2020. Dari total 466 PTT tersebut, merupakan hasil evaluasi dari keseluruhan PTT dari tahun 2019 sampai 2020. Evaluasi itu juga sebagai langkah awal pemerintah Kota Ternate, untuk melakukan penertiban terhadap keberadaan PTT di Kota Ternate.

“Apalagi di akhir Tahun masa kerja sudah selesai, sehingga bisa dilihat mana yang aktif maupun tidak aktif. Hal ini agar bisa mengurangi jumlah PTT, terutama yang tidak aktif tapi masih masuk dalam daftar,” sebutnya.

Kata Mohtar, DPRD usulkan evaluasi terus menrus dilakukan sampai mencapai angka normal yakni 2.000 PTT. Menurutnya, DPRD mendukung evaluasi yang dilakukan, sebagai langkah menghemat anggaran daerah.

“Dari haisl evaluasi tersebut sebesar Rp 3,4 miliar. Kami mendorong agar setiap tahun harus dilakukan evaluasi terhadap PTT,” tutupnya. (tr-03/yun)

Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *