Hari ini DPRD Gelar Paripurna Paslon Terpilih

MALUTPOST.TOBELO – Setelah menerima salinan penutupan bupati dan wakil bupati terpilih Frans Manery-Muhlis TapiTapi (FM-Mantap) dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Halmahera Utara, DPRD langsung mengagendakan rapat paripurna pengumuman paslon terpilih hasil pilkada, Rabu (5/5) hari ini. “Dokumen hasil paripurna ini selanjutnya disampaikan ke Menteri dalam Negeri (Mendagri) melalui Gubernur untuk menentukan waktu pelantikan,” kata Sekretaris DPRD Abdul Azis Bopeng yang ditemui, Selasa (4/5).

Dokumen yang diserahkan KPU, Jumat (30/4) lalu itu terdiri dari salinan keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 57/PHP. BUP-XIX/2021 tentang perselisihan hasil pemilihan bupati dan wakil bupati Kabupaten Halmahera Utara tanggal 22 Maret 2021, serta berita acara dan sertifikat rekapitulasi hasil penghitungan suara dari setiap kecamatan di tingkat kabupaten dalam pemilihan bupati dan wakil bupati tahun 2020 (Model D hasil kabupaten-KWK). Selain itu dokumen berupa surat keputusan KPU Halmahera Utara Nomor : 26/PL.06.2-Kpt/8203/KPU-Kab/IV/2021 tentang penetapan rekapitulasi penghitungan perolehan suara pasca putusan Mahkamah Konstitusi nomor 57/PHP.BUP-X1X/2020.

Sementara calon bupati terpilih Franas Manery menegaskan kemenangan yang diraih ini murni pilihan rakyat. Karena itu, atas nama bupati dan wakil bupati terpilih mengapresiasi semua pihak yang sudah berkontribusi atas kemenangan ini. “Kami berkomitmen di periode kedua ini akan berbuat yang terbaik untuk Halmahera Utara,” Ujarnya. Kemenangan yang diraih ini tidak terlepas dari kerja keras tim pemenangan, serta keikhlasan dukungan masyarakat pada pemilihan 9 Desember 2020 dan Pemungutan Suara Ulang (PSU) 28 April lalu. “Kami FM-Mantap memiliki komitmen melanjutkan program-program prioritas yang sudah dilaksanakan di periode pertama,” janjinya.

Karena itu, Frans mengajak semua pihak mendukung program pembangunan yang nantinya dilaksanakan di periode kedua. “Pilkada sudah selesai. Fokus kita saat ini tinggal menunggu pelantikan dan seterusnya mengerjakan apa yang harus dikerjakan sesuai visi misi atau program prioritas untuk kepentingan masyarakat dan daerah,” ucapnya. Diketahui, KPU menetapkan paslon Frans Manery- Muhlis Tapi Tapi sebagai bupati dan wakil bupati terpilih dengan raihan 50.743 suara dengan mengalahkan paslon Joel B Wagono-Said Bajak (JOS) yang hanya meraih 50.377 suara. Jumlah tersebut paslon incumbent unggul dengan selisih 366 suara. (rid/met)

Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *