MALUT POST _ TERNATE. Plaza Gamalama bakal dijadikan mall pelayanan puplik. Bangunan yang sudah diresmikan oleh mantan Wali Kota Ternate Burhan Abdurahman di akhir periodenya, pada pertengahan Februari lalu itu, hingga kini belum difungsikan. Bahkan amanat Malut Post, terlihat pada beberapa titikbangunan masih dilakukan finishing.

Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman, saat mengunjungi Plaza Gamalama, Sabtu (8/5) pekan kemarin, fungsi plaza ini, akan dikomninasikan

Yakini selain untuk kepentingan ekonomi, juga pelayanan publik.

“Kita coba lakukan kombinasi antara mall untuk kepentingan ekonomi dan pelayanan publik. Kunjungan saya hari ini (8/5) adalah untuk mengecek penyelesaian dari bangunan ini, dan beberapa hal yang harus diselesaikan. Baik pengelolaannya dan kemudian ada kombinasi lain, tergantung kebijakan kedepan nanti seperti apa,” jelas Tauhid, ketika disambangi awak media.

Pelayanan publik kata Tauhid, tidak harus stay padasuatutempat, tetapi bisa menyebar pada beberapa titik di lokasi Plaza Gamalama. “Jadi tidak hanya stay di satu tempat, tapi dia (pelayanan, red) bisa menyebar di beberapa titik yang ada di lokasi ini (Plaza, red). Misalnya ada masyarakat yang ingin mengurus perizinan dan lain sebagainya, bisa kesini. Jadi dia (plaza, red) fungsinya adalah front desk,” jelas Tauhid.

Mantan Sekretaris Daerah Kota Ternate itu menyebutkan, pengelolaan Plaza Gamalama akan dibuatkan Peraturan Daerah (Perda) yang mengatur pengelolanya melalui lelang.

“Jadi tidak boleh main tunjuk, harus buat perda dulu, tentang pengelolaan. Harus ada appraisal (analisa oleh professional) terkait harga sewa. Sebeb harga ini kan bisa berkembang tiap tahun, dan tidak perlu bentuk tim penilai, karena ada SKPD teknis untuk jalankan itu. Kemarin sudah jalan tapi agakmandek, nanti kita bicara lagi dengan DPRD,” tandasnya. (tr-01/yun)

Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *