MALUT POST – TERNATE. MA alias Mahendra, terdakwa perkara tindak pidana menguasai narkotika golongan 1 bentuk tanaman jenis ganja menjalani sidang lanjutan di Pengadilan Negeri (PN) Ternate. Sidang dengan agenda pembacaan putusan yang digelar belum lama ini dipimpin Ketua Majelis Hakim, Rudy Wibowo.

Dalam amar putusan, Majelis Hakim menegaskan, terdakwa MA alias Mahendra terbukti secara sah dan menyakinkan bersala melakukan tindak pidana menguasai narkotika golongan 1 dalam bentuk tanaman jenis ganja yang beratnya melebihi 1 kilogram dam mengusai narkotika golongan 1 bukan tanaman jenis sabu-sabu (SS), sebagaimana dakwaan kedua Jaksa Penuntut Umum (JPU). Karena itu, terdakwa MA alias Mahendrandijatuhi pidana penjara 7 tahun dan denda Rp 1 miliar. sesuai ketentuan, apaligi denda tidak dibayar maka diganti dengan pidana penjara selama 3 bulan. Selai itu, Hakim juga menyatakan, masa penengkapan dan penahanan yang dijalani terdakwa, dikurangi seluruhnya dari vonis pidana. Perintahnya, terdakwa tetap ditahan dalam tahanan.

Barang bukti yang berasil dirampas dari tangan terdakwa yakni dua paket ganja kering seberat 3 kilogram, dua sachet kecil sabu dengan berat 2,19 gram, satu celana panjang abu-abu, satu celana pendek warna abu-abu, satu kaos lengan panjang warna biru dongker dan satu crop top corak bunga-bunga. Semua barang bukti ini akan dimusnakan. Selai itu, ada barang kukti satu HP merek Samsung Duos warna hitam yang dirampas untuk negara.

Sebelumnya, terdakwa MA alias Mahendra dituntut penjara 10 tahun dan dikenakan denda Rp miliar subsider 3 bulan penjara. Terdakwa diancam pidana dalam pasal 114 ayat (2) dan pasal 112 ayat (1) undang-undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika. (tr-07/aji)

Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *