MALUT-POST-TERNATE Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Maluku Utara (Malut) dan Dinas pertanian Provinsi Malut melakukan panen raya, kemarin. Agenda tersebut dilakukan bersama petani Mandiri Moderen (P2M), Jumat (11/6) di Kelurahan Moya dan Rua.

Panen raya tersebut, KNPI Malut melakukan panen cabai perdana bersama kelompok tani di dua kelurahan, yakni Kelurahan Moya dan Rua. Dua kelompok ini, adalah kelompok tani yang berada di bawah binaan KNPI Malut.

Saat ini KNPI lagi fokus pada pemberdayaan pertanian. KNPI sebagai organisasi kepemudaan, tidak saja menghabiskan waktu untuk nuansa politik yang banyak diperseptikan masyarakat luas. KNPI dengan program pemberdayaannya, turun langsung bersama masyarakat untuk memberikan pembinaan terhdap petani milenial. KPNI juga melakukan kerja sama dengan Dinas pertanian provinsi untuk pembinaan sektor pertanian komoditi kopra.

“KNPI saat ini lebih fokuspada pembayaran petani. kita turun langsung memberikan pembinaan terhadap masyarakat, tidak pada nuansa politik yang banyak dipersepsikan sebagaian masyarakat,” kata Ketua DPD KNPI Malut, Irman Saleh di sela-sela panen raya, kemarin.

Petani milenial, kata Irman, menjadi tanggung jawab KNPI. Saat ini, KNPI lebih menunjukan eksistensi kepemudaannya dengan cara turun langsung melakukan pembinaan bersama masyarakat. Selain itu, KNPI juga menjadi penghubung antara petani dengan pemerinta dan lembaga terkait lainnya. Ada beberapa kelompok tani yang saat ini menjadi kelompok binaan KNPI Malut, yakni Kelurahan Kulaba, Tabam, Moya, Maliaro dan Rua. tandasnya. (mg-05/pn/yun)

Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *