MALUT-POST-TERNATE Penerangan Jalan Umum (PJU) di Kota Ternate rupanya minim perhatian dari Pemerintah Kota. Pasalnya di beberapa ruas jalan, JPU tidak berfungsi sejak lama. Seperti di Kelurahan Tafure hingga Akehuda. Di ruas jalan ini terlihat gelap, bahkan lampuh jalan yang rusak tak kunjung di perbaikan. Perlu diketahui bahwa penanganan PJU awalnya melekat pada Disperkim, tetapi dengan adanya Permendagri No 90 tentang Klasifikasi Kondifikasi Nomenklatur Perencanaan dan Pembangunan Pemerintah Daerah, maka bergeser ke dinas perhubungan Kota Ternate.

Haris, salah satu warga Akehuda RT 06 mengatakan, pada malam hari, Jalanan gelap. Ini disebabkan lampuh jalan yang sudah tidak berfungsi. Masalahnya ini, sangat menggangu para pejalan kaki maupun pengendara yang melintas di jalan tersebut. Untuk itu dibutuhkan tindakan perbaikan secepatnya oleh pemerintah Kota Ternate, melalui dinas terkait. “Tidak berfungsinya lampu jalan tersebut sudah cukup lama, jadi dibutuhkan langkah perbaikan ,” sebutnya.

Kepala dinas Perhubungan Faruk Albaar mengatakan, perbaikan terhadap PJU sementara masih dilakukan sesuai dengan ketersediaan anggaran.

Menurutnya, anggaran tersedia sebesar Rp 75 juta. Pihaknya juga mengakui bahwa, banyak PJU yang rusak. Dengan dana yang terbatas tersebut, tidak bisa diperbaiki secara keseluruhan. Tetapi Dishub hanya melihat kawasan mana yang strategis untuk dilakukan perbaikan. “Untuk perbaikan secara keseluruhan dibutuhkan pengusulan anggaran pada APBD perubahan atau tahun depan. jadi, kegiatan perbaikan menyesuaikan dengan kondisi anggaran.” jelasnya. (tr-03/yun)

Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *