MALUT-POST-TERNATE Pemerintah Kota rencananya bakal melakukan rekrutmen tenaga guru PTT. Rencana ini untuk mengisi kekosongan guru di tiga pulau terluar, yakni pulau Hiri, Moti Batang Dua. Rencana ini di bagian langkah Pemerintah di sektor pendidikan, dengan memenuhi kebutuhan guru yang selama ini belum tercukupi. Sehingga para siswa maupun siswi dapat memperoleh pendidikan yang layak.

Ketua Komisi II DPRD Mubin A. Wahid mengatakan, dalam rencana rekrutmen 109 guru PTT tersebut, pemerintah harus berhati-hati. Sebab, dalam Pemberhentian 80 orang satgas pasar, Pemerintah beralasan kondisi keterbatasan anggaran. “Harus lebih beriktiar, jangan sampai terkesan pemerintah menyelesaikan masalah dam menimbulkan masalah baru,” jelasnya. Kata Mubin, pengangkatan guru itu memang menjadi kebutuhan penting untuk mengisi kekurangan.

Namun, pemerintah harus melakukan kajian yang matang terlebih dahalu, dengan melihat kondisi anggaran daerah saat ini. Selain itu pemerintah harus mempertimbangkan aspek kemanusiaan. Khawatirnya, tenaga guru yang diangkat nanti, justru upah mereka tidak bisa dibayar.

“Memang sejauh ini DPRD belum mengetahui, apakah 109 guru PTT diangkat tahun ini atau tahun depan. Kami kembali mengikhtiarkan kepada Pemkot terkait dengan rencana merekrut itu (Guru PTT),” tandasnya. (tr-03/yun)

Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *