MALUT-POST-TERNATE Penataan Kawasan pasar mulai diagendakan oleh Pemerintah Kota Ternate. pasalnya, kondisi pasar saat ini terlihat seramut. Tempat parkir, trotoar hingga taman maupun kawasan larangan berjualan dialih fungsikan menjadi tempat berjualan. Hal ini disebabkan lemahnya pengawasan dari instansi terkait terhadap para pedagang. Sebelumnya, wakil walikota Ternate Jasri Usman melakukan sidak ke pasar, akhir pekan kemarin. Inspeksi tersebut untuk memastikan kondisi pasar di Kota Ternate. Rencananya, pasar Higienis dan kawasan kuliner belakang jati land mall akan di tata kembali, agar terlihat rapi.

Rencana pemerintah Kota tersebut, mendapat respons dari DPRD. Anggota komisi II H. Sudarno Taher mengapresiasi langkah Pemerintah Kota untuk melakukan pentaan pasar tersebut. Namun, ai mewanti-wanti agar rencana tersebut tidak hanya sekedar wacana belaka. Ia meminta agar, harus dilakukan dengan serius.

Menurutnya, pedagang yang berjualan di lokasi parkiran hingga badan jalan agar dipindahkan ke pasar lantai dua yang masih kosong. “Butuh komitmen dalam penataan pasar. Jangan hanya wacana,” ujarnya.

Sudarno menambahkan, penataan kawasan pasar penting dilakukan, agar ke depan pasar bisa tertata dengan rapi. Tidak terlihat semrawut dan terkesan kumuh. Ia menegaskan, catatan penting bagi Pemkot saat ini yakni fungsikan beberapa pasar yang tidak ditempat di lantai dua. “Seperti pasar Bastiong dan lainnya. Harus ada langkah yang diambil dengan tegas, dalam melakukan penataan pasar,” tandasnya. (tr-03/yun)

Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *