MALUT-POST-TERNATE Dinas Parawisata (Dispar) Kota Ternate berencana menata kembali sejumlah tempat wisata di tahun 2021 ini. Dianataranya, wisata Geopark Batu Angus, Tolire, wisata Geopark Batu Angus, Tolire kecil, Pantai Kastela, dan Angrowisata di Kelurahan Loto. Sebelumnya, Dispar sudah lebih dulu menata tempat wisata pantai Sulamadaha yang kini ramai pengunjung. Ada sejumlah target Pemerintah Kota (Pemkot) dalam menata kembali tempat wisata. Diantara adalah, selain pengujung atau wisatawan, juga diharapkan mampu mendongkrak pendapatan masyarakat. Target ini di khususkan untuk para pelaku Usaha Mikro, kecil dan menegah (UMKM) di sekitaran masing-masing tempat wisata. Di samping itu, diharapkan mampu mndongkrak pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemkot.

“Penataan kawasan pantai Sulamadaha menjadi indikator Pemkot untuk membenahi kawasan-kawasan wisata di Kota Ternate. Namun yang terpenting adalah, kita pikirkan pendapatan masyarakat bisa meningkat di tengah pandemi ini,” ucap kepala Dispar Kota Ternate, Rizal Marsaoly, kemarin. Menurutnya, dalam perencanaan penataan tempat Wisata Tolire Kecil, sejumlah lapak yang sidah dibangun oleh warga akan dibongkar dan dirubah menjadi lebih modern, namun tanpa menghilangkan nilai estetika. “Kita harus bongkar lapak-lapak itu, kemudian bangun baru dengan struktur yang berbeda naamun tidak menghilangkan nilai estetikanya.

Kita tetap menjaga keaslian ekosistem yang ada di sana,” terang Rizal. Selain kawasan Tolire Kecil, Dispar bersama Dinas Pertanian (Distan) berencana membuat Agrowisata di Kelurahan Loto, Kecamatan Ternate Barat. Tujuannya adalah untuk memberdayakan para petani. Angrowisata ini akan di desain dengan menggunakan model open space. Artinya, kawasan Agrowisata akan ditanami sayur-mayur dan buah dapat langsung dibeli oleh para pengunjung di lokasi.

Rizal juga memastikan, kawasn Geopark Batu Angus, Ake Rica, pantai Kastela dan sejumlah potensi wisata di Pulau Hiri, Moti dan Batang Dua juga tidak luput dari perhatian Pemkot. Namun pembedahannya harus dilakukan secara bertahap. “Kita akan membenahi secara bertahap, step by step, yang pasti penataan kawasan wisata di Kota Ternate diharapkan bisa meningkatkan pendapatan masyarakat khusunya pelaku UMKM,” tukasnya. (tr-01/yun)

Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *