Ternate Hybrid Job Fair 2021 Sebagai Solusi

MALUT-POST-TERNATE Berdasarkan data tahun 2020 lalu, Penduduk Kota Ternate mencapai 205.001 jumlah angkatan kerja tersebut, yang bekerja sebanyak 102.906 orang. Sementara jumlah pencari kerja sebanyak 6,341 oarang atau 5,80 persen Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT). Hal ini sebagaimana isi sambutan Wali Kota, M. Tauhid Soleman dalam acara pembukaan Ternate Hybrid Job Fair 2021, digedung Dhuafa Center, kemarin (20/10).

Menurut Tauhid, berdasarkan data tersebut, secara umum masih terdapat pengangguran terbuka di Kota Ternate. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor. Diantaranya adalah pertumbuhan angkatan kerja yang tinggi, kesempatan kerja yang masih rendah, pendayagunaan tenaga kerja yang rendah dan produktivitas tenaga kerja yang relatif masih rendah. “Permasalahan penting dalam dunia ketenagakerjaan selain keadaan tenaga kerja dan struktur ketenagakerjaan, adalah masalah pengangguran yang selama ini kita hadapi,” tutur Tauhid.

Dari sisi ekonomi pengangguran merupakan produk dari ketidakmampuan pasar kerja dalam menyerap angkatan kerja yang tersedia. Ketersediaan lapangan kerja yang realitif terbatas tidak mampu menyerap pencari kerja yang senantiasa bertambah setiap tahun, seiring dengan bertambahan jumlah penduduk.

“Hal ini dipicu juga dengan masih adanya kesenjangan informasi antara perusahaan pengguna tenaga kerja dengan pencari kerja. Sehingga seringkali terjadi pihak perusahan selaku pengguna tenaga kerja sulit mendapatkan tenaga kerja yang sesuai dengan kualifikasi dan jabatan yang tersedia,” ujarnya. (tr-01/yun)

Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *