MALUT-POST-TERNATE Kualifikasi jabatan pada bursa kerja (Job Fair) yang dibuka Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate di tahun 2021 ini menurun. Itu jika dibandingkan dengan Job Fair pada tahu 2019 lalu. Kualifikasi jabatan pada pelaksanaan Job Fair 2021 adalah sebanyak 356 lowongan. Sementara paa 2019 lalu sebanyak 648 lowongan.

Hal ini sebagaimana penyampaian dari Kepala Dinas Nawawi Kerja (Disnaker) Kota Ternate, Hybrid Job Fair tahun 2021 di gedung Dhuafa Center, kemarin (20/10).Job Fair 2021 melibatkan kurang lebih 16 perusahan yang beroperasi di wilayah Provinsi Maluku Utara (Malut).

“Pengalaman kami pada tahun 2019, jumlah pencari kerja membludak dan peminat cukup tinggi sebanyak 2440 pencari kerja. Padahal lowongan yang tersedia sebanyak 648 jabatan. Karena adanya pandemi Covid-19, maka kualifikasi jabatan pada Ternate Hybrid Job fair 2021 ini adalah sebanyak 356 lowongan, pada 16 Perusahaan,” kata Nuraini.

Menurutnya, walaupun terjadi penurunan lowongan dan perusahaan, namun tidak membuat minat pencari kerja menurun. “Hal ini sudah menjadi fakta bahwa memang kita diperhadapakan pada suatu tangtangan yang membutuhkan kerja keras, serta solusi untuk menjawab masalah pengangguran dan kesempatan pasar kerja,” tutur Nuraini.

Ternate Hybrid Job Fair ini tidak hanya diikuti oleh perusahaan sebagai mitra Disnaker dengan lokasi sebaran di Kota Ternate. Tetapi juga beberapa perusahan mitra yang meliputi Jasa Keuangan, jasa ambangan serta sektor Jasa dan Perdagangan lainnya,” tandasnya. (tr-01/yun)

Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *