MALUT-POST-TERNATE Pemkot Ternate saat ini dalam tahapan pengkajian terkait rencana perampingan terhadap sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Dalam tahapa ini, pada Selasa (19/10) kemarin juga mulai dilakukan rapat koordinasi dengan 7 OPD. 7 OPD tersebut yakin Dispora, Dinas Perikanan dan Kelautan, Dinas Perpustakaan dan Kearasipan, Disperindag, Damkar, Dinas Ketahanan Pangan, serta Dinas Kebudayaan. Kajian ini untuk memetakan fungsi tugas OPD “Terkait permapingan OPD, dimana ada beberapa OPD yang selama ini tupoksinya telah bergeser ke OPD lain,” kata Sekda Kota Ternate, jusuf Sunya, kemarin (20/10).

Tupoksi yang sudah bergeser diantaranya seperti pada Dinas Perkim terkait penanganan Penerangan Jalan Umum (PJU) yang diahlikan ke Dishub. Kemudian soal pertamanan kota yang urusannya diserahkan ke Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan (DLHK). Kemudia pada Badan Kepegawaian, ada penambahan terkait fungsi Korpri yang dialihkan ke SDM. Kemudian pemakaman akan dikelola oleh Unit Pengelola Teknis (UPT) pemakaman. Hingga Dinas Kelautan Perikanan (DKP) terkait kewenangan fungsi tentang urusan pulau kecil pesisir yang diahlikan ke Provinsi berdasarkan Undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang Pemda. Dan juga di beberapa OPD lain, seperti Dinas Kebudayaan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, serta Dinas Ketahanan Pangan.

“Kita masih dalam proses menyesuaikan struktur (OPD), yang gemuk bakal di rampingkan, Sebagian urusan terhitung mulai tahun ini dialihkan ke instansi teknis terkait,” terang Jusuf. (tr-01/yun)

Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *