MALUT POST – TERNATE. Pemkot Ternate sudah mengjukan permohonan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), untuk pelaksanaan selang 5 jabatan eselon II. Lima jabatan tersebut adalah kepala Dinas PUPR, kepala Dinas Perindag, kepala Dinas Perkim, kepala Kesbangpol, dan kepala BPBD. Sebagaimana diketahui, 5 jabatan tersebut saat ini masih diisi Pelaksana Tugas (Plt). “Beberapa waktu lalu sudah kita ajukan, jadi tinggal menunggu persetujuan. Ada 5 jabatan yang akan dilelang,” ujur Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Manusia Daerah (BKPSDMD) Kota Ternate, Samin Marsaoly saatdiwawancarai, kemarin (9/5).

Menurutnya, jika pihaknya sudah menerima persetujuan dri KASN, maka akan dirangkaikan dengan pelaksanaan evaluasi kinerja dan Uji Kompetensi (Ukom) bagi pejabat yang belum mengikuti evaluasi dan Ukom yang dilaksanakan beberapa waktu lalu. “Jadi lelang kali ini akan dirangkaikan dengan evaluasi dan Ukom,” kata Samin.

Disebutkan, pejabat eselon II yang akan dilakukan Ukom kaliini diantaranya adalah kepala Disnaker. Hasil Ukom kali ini akan disinkronkan dengan hasil Ukom yang sudah dilaksanakan sebelumnya. Setelah itu, baru dilakukan mutasi pejabat berdasarkan hasil dari dua pelaksanaan Ukom tersebut.

“Karena kalau untuk melakukan mutasi kan harus melalui Ukom, untuk melihan mana yang masih bagus dan sudah tidak bagus atau sudah harus diganti,”cetus Samin.

Khusus untuk posisi kepala Dinas Dukcapil Kota Ternate, Samin menyebut pihaknya sudah menerima persetujuan dari Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil untuk pergantian atau pengisian jabatan sturktural di instansi tersebut. Diketahui, kepada Dinas Dikcapil Kota Ternate saat ini dijabat oleh Rukmini Abdurahman. Rukmini sendiri juga sudah pernah mengikuti Ukom yang dilaksanakan Pemkot beberapa waku lalu.

“Intinya kita sudah mengantongi izin untuk Dukcapil. Hasil Ukom dari ibu Mini (Rukmini, red) sudah dilaporkan ke Capil, dan Capil sudah menyetujui untuk dilakukan pergantian. Nah, kapan akan diganti?, ya bisa saja melalui lelang atau rangkaian dari hasil Ukom nanti, dan itu kebijakannya Wali Kota selaku PPK,” tandas Samin. (cr-01/yun)

By Romario