Soal izin Membangun, Perkim dan Disperindag Mengaku tak Tahu

MALUT-POST-TERNATE Pembangunan fondasi di sisi Timur Rusunawa, Keluarahan Gamalama terus dilakukan. Padahal, lokasi tersebut merupakan kawasan larangan membangun, terkecuali untuk kepentingan Rusunawa itu sendiri. Fondasi itu tampaknya menjadi dasar untuk pembangunan lapak. Informasi yang dihimpun Malut Post dekat Wali Kota Ternate.

Pembangunan fondasi ini sejak awal sudah mendapat sorotan dan kritika, baik dari DPRD maupun Akademisi. Namun, entah kenapa, pembangunan fondasi tersebut terus dilanjutkan. Hal ini mengundang sorotan publik, terutama terhadap fungsi pengawasan dari OPD terkait.

Baik Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertahanan (Disperkim) sebagai pengelola Rusunawa, dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) sebagai pengelola pasar.

Menurut informasi dari perdagang setempat, ada oknum petugas Disperindag yang diduga kuat terlibat dalam pembangunan fondasi ini. Pasalnya, oknum petugas itu diketahui ikut mengawasi pembangunan fondasi yang dilakukan pada malam hari, beberpa waktu lalu.

Terkait hal itu, Kepala Dsiperindag kota Ternate Hasyim Yusuf saat dikonfirmasi mengaku belum mengetahui persis soal pembangunan fondasi ini. Padahal, fondasi ini sudah dibangun sejak awal Agustus lalu. (tr-01/yun)

By Romario