MALUT-POST-SANANA Untuk meningkatkan disiplin Aparatur Sipil Negara (ASN), pemkab Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) berlakukan wajib apel pagi.

Instruksi tertulis ini disampaikan Plt Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Kepsul, Muhlis Soamole Kamis (22/7). Surat tersebut dengan nomor : 800/258/SETDA-KS/VII/2021. Setidaknya ada 6 poin peringatan serta Sanksi pagi ASN yang sengaja melanggar keputusan itu. Pertama, ASN seluruh OPD wajib melaksanakan apel pagi setiap hari Senin, dan mengikuti upacara Korupsi setiap tanggal 17 bulan berjalan di kantor Bupati tanpa kecuali.

Kedua, untuk hari Selasa dan Kamis, ASN wajib melaksanakan apel pagi di kantor Bupati. “Terkecuali OPD yang berada di luar kantor Bupati dan sekitarnya,” kata Muhlis pada surat tersebut. Ketiga, pada hari Rabu dan Jumat, ASN wajib melaksanakan apel pagi di Istana Daerah untuk kegiatan bakti dan olahraga senam pagi.

Ke empat, setiap Kasubag Umum dan Kepegawaian OPD yang ditunjuk agar dapat siapkan absen manual tiap pelaksanaan apel pagi dan olahraga senam pagi, serta wajib absen di tempat. “Absen elektronik wajib digunakan setiap hari kerja,” ucap Muhlis. Ke lima, bagi ASN yang alpa tanpa pada kesempatan tersebut, akan disanksi berupa pemotongan Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) yang akan dihitung mulai pada Senin besok. “Terakhir, setiap pimpinan OPD agar dapat mengawasi ASN di lingkungan serta dapat menyampaikan laporan. Kepada Kepala BKPSDM,” pungkasnya. (gun/onk)

By Romario