MALUT-POST JAILOLO Bupati Halmahera Barat ( Halbar) james uang menegaskan tidak ada pelantikan penjabat eselon III dalam waktu dekat. pertanyaan james ini sekaligus membanta isu yang beredar bahwa dirinya bersama wakil bupati akan melantik sejumlah penjabat.” pelantikan penjabat ini adanya aturannya yang harusn dilalui. jadi saya tegaskan tidak ada pelantikan dlam waktu dekat,” tegas james yang ditemui uasi bertemu dengan sekretaris kabupaten ( sakkab) Syahril Abd Radjak, rabu (21/4).

Pelantikan yang tak kunjung dilaksanakan ini membuat sejumlah eks tim pemenang james uang – Djufri Muhammad (JUJUR)pada pilkada 2020 lalu mengamuk dan membanting pot bungah di kantor badan pengawaian dan diklat ( BKD), rabu (21/4). kedatangan ini mereka ini menilai BKD menghambat pelantikan penjabat.” mereka datang dan mengamuk mencari kepla BKD Zubair T. Latif. karena menurut mereka BKD mengahmbat pelantikan,” kata sejumlah staf yang ditemui usai kejadian.

Amukan mereka tak jelas, karena pelantikan atau tidaknya itu bukan rana BKD, tetapi itu kewenangan bupatih dan wakil bupatih.” BKD hanya tungguh perintah. kalau hari ini diperintahkan pelantikan maka itu dilaksanakan. tetapi kalau tidak ada perintah, bagaimana BKD agendakan pelantikan,” ungkap staf. selain mengamuk mereka juga membanting pot bungah hingga tanamanya berhamburan dilantai kantor.

Sementra eks ketua tim pemenang jujur Rustam Fabanyo yang dikonfirmasi tidak memberikan tanggapan,” saya tidak mau komen. itu urusan mereka,” katanya singkat. terpisah kepala BKD Zubair T Latif yang dikonfirmasi mengaku binggung dengan tuduhan menghalang-halangi pelantikan.” saya halangi pelantikan dari mana. kan tidak ada agendah pelantikan. bahkan saya juga tidak punya kewenangan menghalangi pelantikan,” ujar mantan kepla dinas perindustrian dan perdangangan ( kadisperindang) pemkab Halbar ini. (met)

By Romario