MALUT-POST-TIDORE Forum Rektor perguruan Tinggi Keagamaan Negeri melaksanakan City Tour sekaligus silaturahmi dengan pihak Kesultanan Tidore dan pemerintah Kota Tidore Kepulauan. Kunjungan rombongan berlangsung di dua tempat terpisah. Yakni Kadato Kie dan Kantor Wali Kota Tidore Kepulauan, Rabu (16/6). Perlu diketahui, Forum Rektor ini berada langsung dibawah naungan Kementerian Agama RI. Untuk kepengurusan anggotanya terdiri dari Rektor se Indonesia, mulai dari sabang sampai merauke. Forum ini bukan hanya dari agama islam saja, namun juga agama Kristen, Hindu dan Budha.

Dalam kesempatan ini, Wali Kota Tidore Kepulauan, Capt. H Ali Ibrahim mewakili pemkot Tikep dalam sambutanya menyambut baik kedatangan rombongan. ia juga mengatakan, semoga para rombongan yang datang dapat menikmati apa ada di Tikep, baik itu di kesultanan maupun di pemerintah.

“Pasca kerusuhan beberapa tahun lalu, alhamdulilah Kota Tidore Kepulauan sampai sekarang toleransi antara umat beragama dan hubungan silaturahmi masih tetap terjaga dengan baik,” kata Capt Ali. Sementara Ketua rombongan Forum Rektor, H. Babun suharto dalam sambutannya menjelaskan tujuan pihaknya mengunjungi Maluku Utara Khususnya Tidore, tidak lain untuk melaksanakan amanah dari Kementerian Agama untuk mencari calon-calon Cedekiawan yang nantinya akan di cetak di perguruan Tinggi Keagamaan Negeri. Semunya di Indonesia ada 59 perguruan Tinggi Islam Negeri PPKN yang didalamnya ada agama Kristen, Katolik, Hindu dan Budha.

Tujuan lain dari upaya yang dilakukan yakni mempersatukan semua kalangan menjadi satu kesatuan serta sama-sama mencetak generasi penerusuran sebagai kader bangsa.

Dalam kunjungan ke Tidore, rombongan Rektor lewat pelabuhan Trikora di kelurahan Goto dengan menggunakan speedboat. Tiba di Tikep, rombongan langsung menuju ke Kadato Kie Kesultanan Tidore lalu ke Kantor Wali Kota Tidore Kepulauan. (aby/pn/aji)

By Romario