Beri Deadline Hari Ini

MALUTPOST.TERNATE – Tenaga Kesehatan (Nakes) dan Tenaga Medis Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Chasan Boisoirie (CBH) ancam melakukan mogok pelayanan hari ini. Mogok pelayanan khusus pada layanan rawat jalan poliklinik. Ancaman mogok ini untuk menuntur pembayaran tunjangan kinerja (Tukin) yang menunggak selama delapan bulan.

“Kami berikan deadline sampai besok (hari ini) jika belum ada pembayaran, mamka aksi mogok ini akan terus berlanjut setiap hari,” ancam salah satu Nakes yang enggan menyebut namanya, Kamis (18/11).

Para Nakes dan Medis yang megancam mogok ini terdiri dari dokter, perawat, kesehatan masyarakat, bidan, anastesi, laboraterium, rekam medik, radiografer, fisika medik dan tenaga kesehatan lainnya. Mereka mengaku sudah kehabisan kesabaran menunggu janji Direktur RSUD Samsum Bahri, yang terkesan menomorduakan hak mereka. “Padahal, kalau mau tingkatkan pelayanan maka seharusnya hak nakes diperhatikan. Bagaimana pelayanan mau bagus jik manajemennya timpang. Keseimabangan antara petugas dan fasilitas harus dijaga, bukan berat sebelah,” keluhnya.

Dia bahkan mengancam, jika Direktur masih terus menggantung hak Tukin Nake. Maka mogok serentak di semua layanan rumah sakit akan dilakukan. “Kalau sampai mogok polikliik tidak ada tindak lanjut, maka kami tak tanggung-tanggung tutup IGD. Respon tegas ini karena kami kecewa dengan kebijakan yang terkesan menganaktirikan para karyawan. Sementara proyek-proyek yang bukan prioritas malah diutamakan,” tutupnya.

Menanggapi hal ini, Direktur RSUD Chb Samsul Bahri dikonfirmasi menanggapi datar. Dia mengaku sudah menjelaskan masalah keterlambatan Tukin secara detail melalui berbagai pertemuan dan forum diskusi. Meskinya mereka sudah dapat memahaminya. “Terserah mereka sajalah. Sudah diberitahu, tapi tidak mau dengar ya sudah. kalau uangnya belum ada, kita mau bagaimana? kan prinsipnya memang harus menunggu dulu anggaran masuk dari layanan yang diberikan dan dari BPJS. Kalau sudah masuk maka akan dibayarkan tunggakan Tukin itu,” singkatnya. (mg-01/udy)

By admin