MALUT-POST-TERNATE Pemerataan guru diperlukan, agar para siswa-siswi mendapatkan pendidikan yang layak. Persoalan pemerataan tenaga pengajar ini masih terjadi di beberapa kecamatan di Kota Ternate, terutama di tiga pulau terluar. Masalahnya ini sebelumnya sudah mendapatkan sorotan dari ini sebelumnya sudah mendapatkan sorotan dari DPRD. DPRD geram dengan lambatnya Dinas pendidikan yang hingga saat ini masih melakukan pemetaan dan sebaran tenaga guru. Kali ini akademisi angka bicara.

Ketua pendidikan profesi Guru (PPG) Unkhair, Dr. Syahri Muhammad mengatakan, masalah pemerataan guru di setiap sekolah memang sangat penting. Baik di tingkat Sekolah Dasar (SD) maupun di SMP. Namun, untuk pemerataan tenaga pengajar ini, diperlukan adanya regulasi yang mengatur. Termasuk di Kecamatan Batang Dua, Hiri dan Moti yang masih kekurangan.

Dinas pendidikan Kota Ternate perlu melihat kondisi sosial masyarakat, seperti di Batang Dua. Harus melakukan pemetaan, agar para guru yang berasal dari Batang Dua menjadi prioritas untuk mengisi kekosongan. Begitu pun dengan Kecamatan Hiri dan Moti. “Regulasi dalam pemerataan guru menjadi solusi, untuk kekurangan yang dialami oleh sekolah terutama di sekolah-sekolah di pulau terluar ini,” sebutnya. (tr-03/yun)

By Romario