MALUT-POST TERNATE Pemerintah Kotra (Pemkot) Ternate sejauh ini belum mengambil keputusan, untuk membijakan penghapusan jabatan eselon III dan IV.

Penghapusan jabatan tersebut harusnya sudah diberlakukan pada Januari lalu, namun ditunda sampai pada juni mendatang, karena sejumlah Daerah belum siap termasuk Pemkot Ternate.

” Sya lihat perkembangan, ini akan sedikit menguras tenaga. karena untuk menghilangkan jabatan struktural itu butuh kajian yang mendalam,” kata Sekkot Ternate, jusuf sunya, kemarin (28/4).

Menurutnya, kebijakan tersebut tentu akan menghilangkan banyak jabatan, yang kemudin di ahlikan kejabatan fungsional. sehingga hal ini memag harus di pilah dengan baik dan saksama. karena kebijakan tersebut juga berkonsekuensi pada anggaran.

” Jadi ini ada pengecualian. Untuk eselon, hanya beberapa eselon yang dipertahankan karena berkaitan dengan pelayanan publik dan kebutuhan. saat ini sementara dalam pengkajian untuk bisa di pertahankan dan mana yang harus dihilangkan,” ujarnya.

Ia menyebut, semapt sudah ada koordinasi antara sekda, namun semua masih membutuhkan waktu. perkembangan terbaru mungkin bisa diketahui pada satu ada dua pekan kedepan.

” Penghapusan Jabatan ini, kita sangat berhati-hati sekali. Berbeda dengan perpindahan organisasi kerja. karena jika salah ambil keputusan orang bisa kehilangan jabatan. Apalagi jika orang itu belum tersedia pada jabatan fungsionalnya,” jelas yusuf.

Terkecuali jabatan-jabatan atributif dan kewilayahan seperti Camat dan Lurah, itu tetap ada. kebijakan ini belum diberlakukan di seluruh Indonesia.

” Belum nanti usai kajian. kita akan laporkan ke Gunernur, dan Gubernur menyampaikan ke Kementrian Dalam Negeri,” tandasnya. (tr-01/yun)

By Romario